Pentagon Mengirim Dua Kelompok Kapal Induk ke Laut Cina Selatan di Tengah Ketegangan Dengan Beijing

Jurnalpatrolinews – Virginia : Di tengah kecaman dari para pejabat China, dua kelompok kapal induk AS melakukan latihan bersama di Laut China Selatan, kata Angkatan Laut dalam sebuah pernyataan, Selasa.

Angkatan Laut mengatakan bahwa Nimitz Carrier Strike Group dan Theodore Roosevelt Carrier Strike Group “melakukan banyak latihan yang bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas antara aset serta kemampuan komando dan kontrol,” menurut Reuters . Aktivitas tersebut dilaporkan menandai operasi pertama oleh dua operator AS di wilayah tersebut dalam waktu sekitar tujuh bulan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan tindakan AS merupakan “unjuk kekuatan” yang disengaja dan merusak stabilitas di kawasan.

Para pejabat AS menuduh Beijing berusaha untuk memiliterisasi jalur air dan mengabaikan klaim kontradiktif dari negara-negara kecil seperti Malaysia dan Vietnam.

“Kami berkomitmen untuk memastikan penggunaan yang sah dari laut yang dinikmati semua negara menurut hukum internasional,” kata komandan Nimitz Carrier Strike Group Laksamana Muda Jim Kirk dalam sebuah pernyataan, menurut Reuters.

Akhir pekan lalu, USS John McCain berlayar dekat dengan Kepulauan Paracel, sebuah kepulauan yang disengketakan di Laut Cina Selatan, dalam operasi kebebasan navigasi pertama sejak Presiden Biden mulai menjabat. AS juga mengarungi kapal perang AS melalui Selat Taiwan pekan lalu untuk pertama kalinya di bawah kepresidenan Biden, yang memicu kecaman dari Beijing.  (***/.dt-t hill)

Komentar