Pertemuan Media Asia untuk Perdamaian

JurnalPatroliNews – Pada tanggal 29 Januari, Penunjukan Duta Publisitas HWPL & Upacara Penandatanganan MOU yang diselenggarakan oleh Budaya Surgawi, Perdamaian Dunia, Pemulihan Terang (HWPL) diadakan online pada pukul 4:00 sore (KST). Sebanyak 32 peserta mengikuti acara tersebut, termasuk 16 profesional media dari Asia dan staf Departemen Humas HWPL. 

 HWPL adalah singkatan dari Budaya Surgawi, Perdamaian Dunia, Pemulihan Terang, ini adalah LSM perdamaian internasional berbasis di Korea yang terdaftar di bawah DGC PBB dan ECOSOC PBB. Sejak 2013, organisasi tersebut telah berkomitmen pada berbagai kegiatan perdamaian untuk perdamaian dunia dan penghentian perang. Ke-12 cabang HWPL bekerja sama dengan media dari total 197 negara. Diantaranya, terdapat 176 duta publisitas dari 69 negara, 23 media dari 20 negara juga telah menandatangani MOU dengan HWPL (per Desember 2021). 

Duta Publisitas HWPL adalah tokoh masyarakat yang berusaha untuk menghentikan perang dan berdamai melalui daerah masing-masing sehingga mereka dapat meninggalkan perdamaian warisan abadi untuk generasi mendatang kita. Secara khusus, duta media berperan dalam menyebarkan berita tentang inisiatif perdamaian termasuk hukum perdamaian, pendidikan kerukunan umat beragama dan perdamaian serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan perdamaian. Tidak hanya perusahaan media yang menandatangani MOU dengan HWPL melaporkan berita tentang inisiatif tersebut, mereka juga secara aktif berkolaborasi dalam menyelenggarakan acara.

Alice Kim, General Manager Asia Public Relation Department di HWPL, mengatakan tujuan dari upacara penunjukan ini adalah untuk lebih memperluas pengaruh dalam penyebaran budaya damai di negara-negara Asia melalui penunjukan duta publisitas dan penandatanganan MOU.

 Setelah berkolaborasi dengan HWPL selama 6 tahun sebagai Duta Publisitas, Piya Ratja Maharjan, Presiden Track Nepal, menyampaikan wawasannya, “Sebagai bagian dari duta publisitas, melayani publik di garis depan dan membawa perdamaian di seluruh dunia adalah media kami pekerjaan. Saya berharap duta publisitas yang baru diangkat akan mengikuti, dan kita dapat bergandengan tangan bersama dan membuat perdamaian dunia selamanya.”

Puncak acara adalah penunjukan 15 Duta Humas HWPL (Indonesia 5, Nepal 2, Filipina 8) dan penandatanganan Memoranda of Understanding (MOU) dengan 7 organisasi media (Nepal 2, Filipina 4, Taiwan 1). Bersatu dalam satu suara, mereka menyatakan pesan komitmen, “Saya, sebagai jurnalis perdamaian, akan memimpin dalam menyampaikan lebih banyak berita perdamaian kepada masyarakat sipil. ”

Vinson Concepcion, Manajer Pusat Informasi Badan Informasi Filipina – Bulacan, menyatakan resolusinya sebagai Duta Besar Publisitas HWPL yang baru diangkat, “Yakinlah bahwa saya akan memberikan semua dukungan, komitmen saya untuk advokasi Anda dan bekerja sama untuk mencapai perdamaian berkelanjutan dan menginformasikan orang-orang bahwa perdamaian dapat dicapai melalui kolaborasi sektor terutama media untuk menjangkau lebih banyak dan menjadi bagian dari keluarga perdamaian kita.”      

Komentar