Potret Terbaru Arab Saudi, Wanita Buka Cadar Hingga Bikini

JurnalPatroliNews – Wajah baru terlihat di Arab Saudi, khususnya ibu kota Riyadh. Kota itu dilaporkan tidak lagi terbebani aturan segregasi dan praktik sosial yang ketat.

Hal ini terlihat dari mulai umumnya percampuran antara laki-laki dan perempuan di ruang publik.
‘Pembukaan’ Riyadh dan penghapusan sejumlah aturan fisik dan sosial memang telah mengubah kehidupan sehari-hari warga Saudi secara signifikan.

Semua ini bermula dari visi Putra Mahkota Mohammed bin Salman pada tahun 2016 yang memperkenalkan sejumlah proyek dan inisiatif transformasional untuk mendorong kemajuan negara.

Lalu seperti apa potret baru Saudi? Berikut daftar lengkapnya sebagaimana dirangkum CNBC Indonesia dari sejumlah sumber:

Lepas Cadar dan Abaya Hingga Penggunaan Bikini
Kini perempuan dapat bebas mengenakan apapun tanpa adanya intervensi dari polisi agama. Di Bandara Internasional King Khalid Riyadh misalnya, terlihat mayoritas wanita tak bercadar dan beberapa tak memakai Abaya, pakaian tradisional panjang yang biasa dipakai wanita di kawasan Teluk dan sempat wajib di Arab Saudi.

Seorang pekerja asing perempuan bernama Susan Parker mengaku aturan baru ini memudahkan pekerjaannya. Sebelumnya, sebagai wanita asing yang belum menikah, dia tidak bisa mendapatkan visa pengunjung untuk pertemuan dengan klien di ibu kota tapi kini tidak lagi “Tidak ada kata sifat yang cukup besar untuk menggambarkan perubahan yang telah dilihat Riyadh,” ujarnya terkejut melihat Riyadh kini.

“Sikapnya sangat terbuka, ramah dan berpikiran maju. Semua orang benar-benar merasa mereka berperan dalam perubahan ini,” tambahnya. Parker bekerja di Timur Tengah sejak 2008, termasuk di Dubai dan Abu Dhabi.

Pemerintah Saudi memang telah menerbitkan aturan pekerja yang disebut Nitaqat. Kebijakan itu mengharuskan perusahaan-perusahaan Saudi mengisi tenaga kerja mereka dengan warga lokal hingga level tertentu, termasuk perempuan.

Perempuan juga kini dapat mengenakan bikini di pantai. Salah satunya di Pure Beach, pantai privat yang terletak di King Abdullah Economic City, sekitar 125 kilometer dari kota internasional Jeddah. Di sana perempuan dan laki-laki bisa bersama-sama tanpa batasan, mendengar musik, menari, hingga bermain air.

Melansir AFP, pada 2022 terlihat banyak pengunjung pantai berenang di perairan pirus, dengan para wanita mengenakan bikini. Beberapa di antaranya bahkan dengan santai merokok shisha.

Pesta ‘Dugem’ hingga Halloween
Saudi juga telah mengizinkan adanya konser musik elektronik di wilayahnya. Pada tahun 2021 saja, terdapat sederet konser musik yang diadakan dengan ratusan ribu warga yang hadir.

Tercatat, sederet DJ terkemuka dunia hadir seperti adalah Afrojack, Benny Bennassi, Nancy Ajram dan Tiesto. Tak hanya itu, ada juga DJ lokal yang hadir seperti Dish Dash, Cosmicat dan Saud.

Selain itu, Saudi juga pada akhir Oktober lalu mengadakan festival Halloween. Padahal sebelumnya, perayaan tersebut dilarang di negeri Raja Salman tersebut.

Namun perayaan itu menuai kritik dari beberapa pengguna media sosial Muslim. Mereka menuduh pendirian agama Arab Saudi memiliki standar ganda.

Pasalnya, pemerintah tidak mengizinkan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tetapi acara yang tak sesuai syariat malah digelar di negeri konservatif itu. Namun Halloween diizinkan karena dianggap acara hiburan semata dan penyelenggaraannya dikatakan tidak berbahaya, menurut laporan Arab News.

Izinkan Miras?
Arab Saudi bahkan dilaporkan akan mengizinkan beredarnya minuman beralkohol. Negeri tempat dua kota suci umat Islam itu, Mekkah dan Madinah, akan menyajikan anggur, koktail, hingga sampanye.
Ini akan berlaku di kota megafuturistik baru negeri itu. Hal itu terkait dibukanya sebuah resor pantai di Neom tahun depan.

Wall Street Journal (WSJ) memberitakan ini pertama kali pada September tahun lalu. Media AS itu melihat dokumen pengembangan kota, tertanggal Januari.

Bukan hanya alkohol, gambar pengembangan Sindalah tertanggal Juni juga memuat gambar-gambar wanita berbikini dan pria bertelanjang dada. Mereka dibuat bersantai di kapal pesiar dan mandi di kolam renang tanpa batas.

Komentar