Presiden Aliyev Menekankan Iran Sebagai Teman & Saudara Bagi Azerbaijan

  • Whatsapp
Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pada hari Jumat menyebut Iran ramah dan bersaudara dengan Azerbaijan

Jurnalpatrolinews – Baku : Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pada hari Jumat menyebut Iran bersahabat dan bersaudara dengan Azerbaijan.

Aliyev pada hari Jumat dalam pesannya kepada rakyat negaranya mengatakan bahwa melalui wilayah Iran mereka tidak dapat membawa senjata ke Armenia, karena Iran adalah negara yang bersahabat dan bersaudara dengan Republik Azeri.

Bacaan Lainnya

Mengacu pada poin bahwa Iran telah menutup wilayah udaranya untuk mengangkut senjata ke Armenia, Presiden Azeri berkata, “Iran menerima permintaan kami dan tidak ingin warga Azerbaijan dibunuh oleh senjata.

Konflik mematikan meletus di perbatasan Armenia dan Azerbaijan pada 27 September saling menyalahkan atas kekerasan tersebut.

Nagorno-Karabakh telah menjadi tulang punggung perselisihan selama beberapa dekade terakhir.

Pada tahun 1994, setelah empat tahun konflik militer antara kedua negara, beberapa pemerintah Eropa dan regional turun tangan untuk mengakhiri sengketa wilayah sehingga gencatan senjata akhirnya ditetapkan melalui mediasi Kelompok Minsk dari Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa ( OSCE). Tetapi upaya internasional untuk menyelesaikan konflik secara damai sejauh ini tidak berhasil.

Iran terus menekankan kepatuhan kedua negara terhadap perbatasan internasional.

Pos terkait