Presiden Azerbaijan Mengancam Rusia dan Armenia Dengan Konflik Terbuka

Jurnalpatrolinews – Baku : Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menyatakan ketidakpuasannya dengan tindakan Rusia dan Armenia yang meningkatkan kehadiran pasukan Rusia di dekat perbatasan Azerbaijan dan secara terbuka mengancam Rusia dengan melanggar perjanjian saat ini tentang penerimaan pasukan penjaga perdamaian Rusia ke wilayah Nagorno-Karabakh. 

Selain itu, dilihat dari data yang disajikan, Aliyev juga mengancam akan melanggar kesepakatan trilateral tentang gencatan senjata dan deeskalasi di wilayah tersebut.

Pihak Azerbaijan mengklaim bahwa Perjanjian Gencatan Senjata Trilateral di Nagorno-Karabakh saat ini terancam karena tindakan Armenia dan Rusia.

Terlepas dari pesan optimis yang ada, Presiden Aliyev dan perwakilan pemerintah Azerbaijan lainnya tetap khawatir tentang ancaman terhadap keseimbangan genting di wilayah tersebut, yang ditetapkan oleh Perjanjian Trilateral dan inisiatif perdamaian berikutnya.

Ketakutan utama Baku termasuk masuknya pasukan Armenia ke wilayah Nagorno-Karabakh melalui Koridor Lachin dan bantuan Rusia dalam memodernisasi tentara Armenia.

Pemindahan pasukan Armenia ke wilayah Karabakh dipandang oleh pemerintah Azerbaijan sebagai ancaman yang sangat serius, karena menimbulkan banyak masalah bagi kebijakan keamanan Baku.

Azerbaijan juga berhati-hati tentang partisipasi Rusia dalam modernisasi militer Armenia. “Pihak Rusia menyatakan siap untuk memodernisasi Angkatan Bersenjata Armenia. Tetapi jika kita berbicara tentang perdamaian yang langgeng, maka memang begitu. Apakah itu layak? “, – melaporkan edisi Soha, mengutip kata-kata Aliyev.

Diketahui bahwa militer Rusia memang menggelar pangkalan militer baru di wilayah Sinyuk, yang membuat marah Baku dan dapat menyebabkan munculnya instalasi militer Turki dan Azerbaijan di wilayah perbatasan Armenia.

Namun demikian, para ahli juga memperhatikan fakta bahwa pengiriman senjata Rusia ke Armenia belum dikonfirmasi secara resmi – pesawat militer Rusia sering melakukan penerbangan dari Suriah dan dari wilayah Rusia ke Armenia, tetapi sifat kargo yang diangkut masih belum diketahui.  (***/. dd – avpro)

Komentar