Rusia Ancam Akan Menabrak Kapal AS Di Laut Jepang

Jurnalpatrolinews – Moskow : Rusia mengatakan salah satu kapal perangnya menangkap dan mengejar kapal perusak Angkatan Laut AS setelah memasuki perairan teritorial di Laut Jepang pada hari Selasa.

Moskow menuduh USS John S McCain melakukan perjalanan 2 km (1,2 mil) melintasi perbatasan maritimnya di Peter The Great Gulf dan mengatakan pihaknya mengancam akan menabrak kapal.

Kapal perang AS kemudian meninggalkan daerah itu, menurut Rusia.

Namun, Angkatan Laut AS membantah melakukan kesalahan dan mengatakan kapalnya tidak “diusir”.

Insiden itu terjadi pada hari Selasa di Laut Jepang, juga dikenal sebagai Laut Timur, sebuah perairan yang dibatasi oleh Jepang, Rusia, dan Korea.

Menurut kementerian pertahanan Rusia, kapal perusak Armada Pasifik Laksamana Vinogradov menggunakan saluran komunikasi internasional untuk memperingatkan kapal AS tentang “kemungkinan menggunakan serudukan untuk mengeluarkan penyusup dari perairan teritorial”.

“Pernyataan Federasi Rusia tentang misi ini tidak benar,” kata juru bicara Armada ke-7 Angkatan Laut AS, Letnan Joe Keiley. “USS John S McCain tidak ‘diusir’ dari wilayah negara mana pun.”

Dia mengatakan AS “tidak akan pernah tunduk dalam intimidasi atau dipaksa untuk menerima klaim maritim yang tidak sah, seperti yang dibuat oleh Federasi Rusia”.

Insiden seperti itu di laut jarang terjadi, meskipun Laksamana Vinogradov juga terlibat dalam tabrakan dekat dengan kapal penjelajah AS di Laut China Timur tahun lalu.

Baik Rusia dan AS saling menyalahkan atas insiden itu.

Komentar