Terendah Sejak September 2021, Inflasi Inggris Turun 3.4%

JurnalPatroliNews – London,- Inggris mengalami turunnya tingkat inflasi tahunan, lebih dari perkiraan pada Februari 2024. Hal ini memicu spekulasi, bahwa Bank of England (BoE) akan memangkas suku bunga tahun ini.

Menurut informasi dari Kantor Statistik Nasional Inggris, dikutip Rabu (20/3/24), inflasi mencapai 3,4% secara tahunan pada bulan lalu – level terendah sejak September 2021 – turun dari 4% pada Januari 2024.

Sedangkan berdasarkan konsensus para ekonom yang disurvei Reuters dan Bloomberg, inflasi Inggris mencapai 3,5%.

Meski begitu, inflasi masih dianggap jauh di atas target bank sentral sebesar 2%. BoE, diperkirakan akan mempertahankan suku bunga utamanya dalam pengumuman yang dirilis pada Kamis pekan lalu.

Grant Fitzner, Kepala ekonom ONS, menyebut, “harga pangan adalah pendorong utama penurunan tersebut, dengan harga hampir tidak berubah tahun ini, dibandingkan dengan kenaikan besar tahun lalu.”

Secara bulanan, inflasi tercatat sebesar 0.6% bulan lalu, berbalik dari delfasi 0.6%.

Jeremy Hunt, Menteri Keuangan, merasa senang dengan kabar tersebut.

“Inflasi tidak hanya turun, namun diperkirakan akan mencapai target 2% dalam beberapa bulan,” ujar Jeremy dalam sebuah pernyataan.

“Hal ini membuka peluang bagi kondisi ekonomi yang lebih baik yang memungkinkan kemajuan lebih lanjut dalam ambisi kami untuk meningkatkan pertumbuhan,” tandasnya.

Komentar