Tidak Akan Sama Tapi Setara Dengan Otak Manusia, Pencipta Apple Bicara Kecerdasan ChatGPT AI

JurnalPatroliNews – Amerika – Co-founder Apple Steve Wozniak ikut bicara soal keberadaan teknologi kecerdasan buatan atau AI seperti ChatGPT. Sejauh ia percaya bahwa sebuah teknologi seperti Ai tidak akan bisa menyamai fungsi otak manusia. “Saya menghabiskan seumur hidup untuk benar-benar mempelajari komputer otak, dia tidak akan pernah sama dengan otak,” kata dia dalam potongan wawancara dengan rekan media, dikutip Jumat (10/2/2023).

Ia bahkan tidak percaya jika ada teknologi buatan manusia yang setara dengan otak. Namun saat melihat banyak contoh AI yang kini sedang viral ChatGPT, ia begitu terkesan atas teknologi tersebut.”Tapi sekarang ChatGPT.. entahlah itu sangat mengesankan,” ujar Wozniak.

Menurut dia teknologi AI adalah yang paling tinggi, di mana ia mengikuti prosedur yang bisa mempelajari berbagai hal. Seperti misalnya untuk memindai sesuatu dengan durasi miliar kali per detik, tidak ada otak manusia yang dapat mengingat sebaik AI bekerja.

Teknologi seperti ChatGPT dari OpenAi itu memang cukup mengesankan, tetapi masalahnya adalah ia melakukannya tanpa ada unsur perasaan seperti yang ada di manusia. “Tapi itu bisa membuat kesalahan yang mengerikan dengan tidak mengetahui apa yang saya sebut dengan kemanusiaan. Sama seperti jika Anda mengendarai mobil, Anda tahu keputusan apa yang mungkin akan dilakukan mobil lain saat ada di situasi tertentu, karena dia manusia.” pungkasnya.

Komentar