Tragedi Halloween di Itaweon, Joe Biden dan Rishi Sunak, Ucapkan Pesan Bela Sungkawa 

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Sejumlah pemimpin negara mengucapkan pesan bela sungkawa atas kejadian Itaewon, Korea Selatan. Yakni Presiden Joe Biden dan ibu negara Jill Biden, serta Perdana Menteri Inggris baru Rishi Sunak.

“Kami berduka dengan rakyat Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik untuk pemulihan cepat bagi orang yang terluka,” kata Joe dan Jill Biden, dikutip dari Reuters, Minggu (30/10/2022)

Sunak dalam tweet-nya menuliskan, “Semua pikiran kami bersama mereka yang menanggapi dan Korea Selatan pada saat yang menyedihkan ini”.

Setelah kejadian tersebut, presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengadakan pertemuan darurat dengan para pejabat senior. Dia juga memerintahkan dibentuknya satuan tugas untuk memgamankan sumber daya untuk merawat korban luka, selain juga meluncurkan penyelidikan menyeluruh penyebab bencana.

Yoon juga mengumumkan masa berkabung nasional pada hari Minggu. “Ini benar-benar tragis,” kata Yoon dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters. “Tragedi dan bencana yang seharusnya tidak terjadi di jantung kota Seoul tadi malam,”

Kepala Pemadam Kebakaran Yongsan, Choi Sung-Beom melaporkan ada 151 orang yang meninggal akibat insiden tersebut. Dari jumlah itu, 19 orang diantaranya merupakan warga negara asing.

Selain itu 82 orang dilaporkan terluka dengan 19 orang di antaranya mengalami luka serius.

Saat kejadian itu diperkirakan 100 ribu memadati kawasan Itaewon dalam perayaan Halloween pertama setelah pemerintah mencabut pembatasan Covid-19 dan jaga jarak sosial. Saksi mata menyebutkan saat kerumunan di gang sempit makin parah, orang-orang mulai berjatuhan seperti domino.

Korban selamat, Lee Chang-Kyu kepada surat kabar Hankyoreh melihat 5-6 pria mendorong orang lainnya sebelum satu atau dua orang lain mulai jatuh, seperti dikutip dari CNBC Internasional.

Komentar