Babak Baru..! Startup Dubai ‘Saudara’ OLX dan Lamudi Dapat Rp3,1 Triliun

JurnalPatroliNews – Jakarta,  – Emerging Markets Property Group (EMPG), induk perusahaan Lamudi.co.id, mengumumkan pendanaan investasi sebesar US$200 juta (Rp3,11 triliun).Pendanaan ini dilakukan oleh perusahaan dana ekuitas pertumbuhan Affinity Partners asal Amerika Serikat.

Dengan pendanaan ini, startup unicorn yang berbasis di Uni Emirat Arab itu akan memulai babak baru, yakni fokus untuk mempersiapkan IPO dalam waktu dekat. “IPO ini menjadi bagian dari visi besar kami,” kata Imran Ali Khan, CEO EMPG, dalam keterangan tertulis, Jumat (28/10/2022).Adanya pendanaan baru ini juga berdampak pada untuk membantu rencana strategis Lamudi.co.id melakukan ekspansi bisnis di pasar properti nasional.

“Pendanaan ini akan membantu kami untuk memperkuat tim kami di Indonesia, terutama dalam misi membantu semua pelaku industri properti di Indonesia,” ucap Mart Polman, CEO Lamudi.co.id.Pada 2020, EPMG mengumumkan merger dengan OLX Group, perusahaan iklan klasifikasi digital milik Prosus. Dalam merger tersebut, EPMG menerima US$ 150 juta dari OLX Group dan investor lain sehingga valuasi perusahaan menembus US$ 1 miliar.

Salah satu poin dari merger adalah diserahkannya operasional bisnis klasifikasi properti OLX ke EPMG di empat negara. Buntut dari perjanjian tersebut, bisnis properti OLX Indonesia diserahkan ke Lamudi.co.id, perusahaan milik EPMG di Indonesia. OLX Indonesia sendiri sepertinya fokus ke bisnis jual mobil bekas yang mereka caplok dari startup Belimobilgue, yaitu OLX Autos.

Komentar