Usai Bertemu, Joe Biden dan Xi Jinping Siap Buka Dialog Kontrol Senjata

JurnalPatroliNews – Jakarta –  Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping telah sepakat untuk mencari kemungkinan terkait pembicaraan pengendalian senjata.

Demikian yang diungkap oleh penasihat keamanan nasional AS Jake Sullivan pada Selasa (16/11), usai kedua pemimpin dunia itu bertemu secara virtual pada Senin (15/11) wakty setempat.

“(Biden dan Xi sepakat) untuk mulai melanjutkan diskusi tentang stabilitas strategis,” kata Sullivan, seperti dikutip Reuters.

Dalam beberapa waktu ke belakang, AS sendiri telah mengungkap kekhawatirannya atas pengembangan rudal dan militer China secara keseluruhan.

“Anda akan melihat di berbagai tingkat intensifikasi keterlibatan untuk memastikan bahwa ada pagar pembatas di sekitar kompetisi ini sehingga tidak mengarah ke konflik,” tambah Sullivan.

Sullivan tidak menjelaskan mengenai bentuk diskusi yang kemungkinan akan dilakukan. Tetapi ia menyebut hal itu tidak akan sama dengan perjanjian kontrol senjata yang dimiliki oleh AS dan Rusia.

“Itu jauh lebih matang, memiliki sejarah yang jauh lebih dalam. Ada sedikit kedewasaan dalam hubungan AS-China, tetapi keduanya para pemimpin memang membahas masalah ini dan sekarang menjadi kewajiban kita untuk memikirkan cara paling produktif untuk meneruskannya,” jelasnya.

Sementara itu, Beijing mengatakan siap untuk melakukan dialog bilateral tentang keamanan strategis berdasarkan kesetaraan dan saling menghormati.

Biden dan Xi melakukan pertemuan selama sekitar 3,5 jam untuk membahas berbagai isu di tengah meningkatnya persaingan kedua negara.

Komentar