Warga Dunia Siap-siap, Rusia Kasih Warning Bentrok Langsung Dengan AS, Sebut-Sebut Nuklir!

JurnalPatroliNews – Rusia kembali memberikan peringatan terbaru kepada Amerika Serikat (AS). Ini dilakukan saat hubungan kedua negara merenggang lantaran serangan Moskow ke Ukraina. Mengutip Russia Today, peringatan ini diberikan setelah keduanya memanas terkait perjanjian START.

Ini merupakan perjanjian pengurangan senjata nuklir antara AS dan Rusia, di mana baru-baru ini Washington menuduh Moskow tidak mematuhi perjanjian ini lantaran melarang inspeksi ke fasilitas nuklirnya. Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan itu tidak benar, karena perjanjian itu mengizinkan penangguhan inspeksi.

Mereka bahkan menyebut AS yang justru terlebih dahulu memblokir pemantau Rusia untuk melakukan pekerjaan mereka di Negeri Paman Sam.

Lembaga itu pun menuturkan START yang ditandatangani 2010 lalu didasarkan pada anggapan bahwa AS dan Rusia adalah mitra setara yang berupaya membangun kepercayaan dan meningkatkan keamanan global melalui perlucutan senjata. “Tapi sekarang Washington telah menyatakan ‘kekalahan strategis’ Rusia sebagai tujuannya dan meningkatkan ketegangan dalam semua aspek hubungan bilateral, tidak ada ‘bisnis seperti biasa’ dengan AS,” tulis pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Rusia, dikutip Kamis (9/2/2023).

Komentar