Wow, Kim Jong Un Beri Bantuan Rp 4,3 M untuk Tolong Myanmar

JurnalPatroliNews Jakarta – Korea Utara (Korut) kucurkan bantuan US$ 300.000 atau Rp 4,3 miliar (asumsi Rp 14.300/US$) kepada prakarsa bantuan kemanusiaan PBB untuk Myanmar.

Dilansir dari Reuters Kamis (17/6/2021), layanan pelacakan keuangan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) menunjukkan bahwa Korut membayar kontribusi pada 24 Mei kepada Dana Kemanusiaan Myanmar.

Dana tersebut antara lain sekitar US$ 276 juta (Rp 3,9 triliun) untuk membantu Myanmar sejak kudeta junta militer pada Februari 2021 lalu.

Korut terakhir menawarkan bantuan keuangan kepada PBB pada tahun 2005, ketika memberikan US$ 150.000 (Rp 2,1 miliar) untuk Indonesia, India, Thailand, Malaysia, Maladewa dan Sri Lanka yang dilanda tsunami dahsyat pada bulan Desember 2004.

Diketahui Korut memiliki hubungan lama dengan Myanmar. Pemantau PBB mengatakan Pyongyang memasok senjata ke negara Asia Tenggara itu termasuk kerja sama rudal.

Sementara Korea Selatan (Korsel) mengucurkan US$ 600.000 (Rp 8,6 miliar) kepada upaya PBB untuk mendukung Myanmar. Namun Korsel juga menangguhkan pertukaran pertahanan dan melarang ekspor senjata dan barang-barang strategis lainnya ke negara Asia Tenggara itu.

Myanmar kini berada dalam kekacauan sejak junta merebut kekuasaan pada 1 Februari dan menahan Suu Kyi dan anggota senior lainnya dari partainya, memicu protes harian dan pertempuran antara angkatan bersenjata dan pasukan gerilya etnis minoritas dan milisi.

Pasukan keamanan Myanmar dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 862 orang selama penumpasan mereka terhadap protes sejak kudeta, menurut kelompok aktivis Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

Komentar