Yaman: Separatis Yang Didukung UEA Menculik Sejumlah Penjaga Bank

JurnalPatroliNews – Yaman – Milisi yang berafiliasi dengan kelompok separatis yang didukung UEA, Dewan Transisi Selatan (STC) telah menculik sekitar 60 penjaga di Bank Sentral di Aden, menurut informasi laporan dari sumber lokal.

Sumber tersebut mengungkapkan bahwa militan “The Storm” menculik para penjaga kemarin dan menahan mereka di Penjara Al-Tawahi, termasuk  Kendaraan militer mereka juga disita.

Dengan kejadian ini, pihak STC diperkirakan berusaha untuk mengkonsolidasikan kontrolnya terhadap lembaga-lembaga pemerintah, termasuk bandara utama Aden.

Sebelumnya, tahun lalu kelompok itu dituduh menyita kiriman miliaran riyal yang ditujukan untuk Bank Sentral.

Ketegangan telah meningkat di Aden antara STC dan pasukan di medan berperang atas nama pemerintah Yaman yang diakui PBB saat ini berbasis di Saudi. Meskipun menjadi ibu kota sementara pemerintah, Aden telah berada di bawah kendali STC sejak 2019.

Sebelumnya Pada hari Jumat, milisi kelompok itu menangkap seorang perwira keamanan senior, Mayor Awad Al-Sayyed, membawanya ke lokasi yang tidak diketahui.

Bulan lalu, kepala STC, Aidarus Al-Zoubaidi, menyatakan keadaan darurat di Aden dan di seluruh provinsi selatan lainnya dengan latar belakang meningkatnya kerusuhan atas ekonomi lokal yang memburuk dan kondisi kehidupan.

Sumber : middleeastmonitor

Komentar