COVID-19 Masih Tinggi, Satgas Mitra Imbau Masyarakat Jangan Abai Terapkan Prokes

JurnalPatroliNews – Ratahan – Menyikapi peningkatan kasus COVID-19 masih terus terjadi di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Satgas kembali mengimbau masyarakat jangan abai terapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Lihat saja para rilis Satgas Mitra, Kamis 29 Juli 2021, Kabupaten Mitra memiliki penambahan 52 kasus baru.

Awalnya Kabupaten Mitra dinyatakan bertambah 62 kasus, namun setelah ditelusuri terdapat 10 kasus yang ternyata tidak berdomisili di Mitra sehingga tersisa 52 kasus.

Melihat perkembangan yang masih cukup signifikan ini, Satgas COVID-19 Mitra mengungkapkan, hal yang perlu dievaluasi adalah terkait Penerapan Protokol Kesehatan di masyarakat, khususnya penggunaan masker.

“Penularan COVID-19 adalah melalui droplet (dan ada indikasi menular melalui udara/airborne) sehingga cara ampuh untuk mencegah penularannya adalah melalui penggunaan masker dengan benar,” ungkap Juru Bicara Satgas COVID-19 Mitra, Gloria Wuwungan, dalam siaran persnya, Jumat (30/7/2021).

Sebab menurutnya, peningkatan kasus yang terjadi tidak lepas dari rendahnya peran serta dan kesadaran masyarakat dalam penggunaan masker saat berinteraksi dengan orang lain.

Ditambah dengan kecepatan penularan virus yang terjadi saat ini, maka penambahan kasus akan terus terjadi jika masyarakat masih mengabaikan Protokol Kesehatan.

Karena itu, pihaknya selalu mengimbau kepada semua pihak terkait kiranya untuk semakin memperketat penerapan Protokol Kesehatan.

“Khususnya penggunaan masker dengan benar saat berinteraksi dengan orang lain (terlebih jika berada dalam ruangan tertutup). Pembatasan kegiatan masyarakat hanya akan berjalan maksimal jika disertai dengan pengetatan Protokol Kesehatan,” pungkasnya.

Berikut perincian 52 kasus pada 29 Juli 2021 di Kabupaten Mitra dilihat per kecamatan:

  1. Silian Raya 21 kasus (RAG)
  2. Ratatotok 9 kasus (RAG)
  3. Pasan 4 kasus (2 PCR, 2 RAG)
  4. Touluaan 4 kasus (1 PCR, 3 RAG)
  5. Pusomaen 3 kasus (2 PCR, 1 RAG)
  6. Ratahan 3 kasus (1 PCR, 2 RAG)
  7. Tombatu Timur 3 kasus (2 PCR, 1 RAG)
  8. Belang 1 kasus (RAG)
  9. Ratahan Timur 1 kasus (RAG)
  10. Tombatu 1 kasus (PCR)
  11. Tombatu Utara 1 kasus (RAG)
  12. Touluaan Selatan 1 kasus (RAG)
Data Kasus Aktif COVID-19 Mitra.

(***)

 

Komentar