Di Era Covid-19, Disbud Buleleng Optimalkan Pagelaran Seni Budaya Online

JurnalPatroliNews – Buleleng – Meski wabah Covid-19 masih menjadi pandemi, pelestarian seni budaya terus diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Kebudayaan.

Meski pun dalam pelaksanakannya harus disesuaikan dengan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, seperti diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara saat ditemui di ruangannya pada Jumat (16/10).

Terkait itu, pihaknya memaksimalkan pemanfaatan kanal Youtube resmi Disbud Buleleng untuk menayangkan video pertunjukan seni budaya.

Menurut Kadisbud Gede Dody, semua itu dilakukan dengan tujuan agar masyarakat yang rindu akan pagelaran seni budaya Buleleng tetap dapat menikmatinya.

Selain Youtube, Dodik sapaan akrab Gede Dody Sukma Oktiva Askara, perkembangan terkait pelestarian budaya di Buleleng juga dipublikasikan melalui laman sosial media Facebook.

Selain lomba, Disbud Buleleng juga masih menyelenggarakan lomba-lomba seni budaya seperti lomba Ogoh-ogoh atau lomba lomba Lukisan Wayang Parwa.

Namun, dalam pelaksanaannya terdapat sejumlah penyesuaian, seperti mengganti metode penilaian oleh juri yang sebelumnya tatap muka menjadi secara online maupun virtual.

“Jika sebelumnya penilaian dilakukan secara langsung, namun sekarang juri menilainya dari proses pengerjaan hingga selesai melalui video, sistem penilaian seperti itu yang perlu kami atur lagi” jelas Dody.

Meski metode virtual menjadi solusi untuk pagelaran seni budaya di tengah pandemi ini, namun kata Dody pagelaran secara langsung ke depannya akan diupayakan oleh Disbud Buleleng.

Untuk itu, pada tahun 2021 pihaknya akan memfasilitasi pagelaran seni budaya pada sejumlah festival yang rencananya akan diselenggarakan kembali dengan standar protokol kesehatan Covid-19 seperti Buleleng Festival, Lovina Festival, Twinlake Festival, dsb.

Namun, hal tersebut ditekankan oleh Dody tergantung dari perkembangan Covid-19 di Kabupaten Buleleng yang selama ini diketahui cenderung fluktuatif. Maka dari itu, demi mewujudkan rencananya, Ia berharap agar pandemi Covid-19 cepat berlalu.

(TiR).-

Komentar