Galakan Vaksinasi, BIN Sulut “Bentengi” Lansia dari COVID-19

JurnalPatroliNews – Sulut,- Vaksinasi COVID-19 terus digalakkan Badan Intelejen Nasional (BIN) daerah Sulut bagi semua lapisan dan kalangan masyarakat.

Giliran lanjut usia (Lansia) yang disasar vaksinasi BIN dengan alasan kelompok masyarakat itu rentan penyebaran COVID-19.

Dengan alasan itu, BIN daerah Sulut bersama Dinkes mewadahi vaksinasi lanjutan para Lansia disamping melayani masyarakat umum.

Vaksinasi itu digelar di Desa Kema 3 Kecamatan Kema Kabupaten Minahasa Utara dan GMIM Citra Anugerah Kelurahan Manembo-nembo Atas Kecamatan Matuari Kota Bitung, Selasa (14/12/2021).

Kepala BIN daerah Sulut, Laksma TNI Adriansyah SE mengatakan, kelompok lanjut usia memiliki resiko lebih tinggi jika terpapar COVIF-19 dibandingkan dengan kelompok usia menengah atau anak anak.

“Para Lansia tentunya menjadi salah satu target sasaran prioritas kami untuk dilakukan vaksinasi lanjutan disamping masyarakat umum, dilatarbelakangi kondisi kesehatan Lansia yang rata-rata sudah mulai menurun, sehingga pemberian vaksin diharapkan dapat meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari penyebaran COVID-19,” jelas Adriansyah.

Adriansyah berharap, anggota keluarga bisa lebih pro aktif memberikan pemahaman kepada orang tuanya maupun anggota keluarga yang berusia lanjut supaya mau divaksinasi.

“Edukasi dan sosialisasi secara intensif dari anggota keluarga maupun orang terdekat seputar manfaat dan pentingnya vaksinasi diharapkan dapat menguatkan tekad mereka mendapatkan vaksin,” katanya.

Sejauh ini BIN daerah Sulut bersama tim Nakes dari Dinkes setempat telah berhasil melaksanakan vaksinasi lanjutan kepada 9.000 orang dari target vaksinasi lanjutan sebanyak 14.000 orang.

Upaya hingga capaian target 100% terus digalakkan di seluruh Kabupaten Kota wilayah Sulut sampai sebelum perayaan Natal dan Tahun Baru, agar kekebalan komunal (herd immunity) bisa segera tercipta.

Komentar