Giliran Pedagang Tradisional Jadi Sasaran Vaksinasi COVID-19 BIN Sulut

JurnaPatroliNews – Ratusan pedagang pasar tradisional mendapat pelayanan vaksinasi dosis I dan II dari Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (25/11/2021).

Salah satu pasar tradisional yang disasar BIN daerah Sulut adalah pedagang Pasar Girian di Kota Bitung serta sejumlah pasar di daerah Sulut.

Menurut Kepala BIN daerah Sulut, Laksma TNI Adriansyah SE, vaksinasi yang digelar di pasar merupakan bentuk kepedulian BIN daerah Sulut agar para pedagang mudah mengakses lokasi vaksinasi.

Dikarenakan kata Adriansyah, kebanyakan pedagang berada di pasar dari pagi hingga sore dan lokasi vaksin terlalu jauh dari tempat mereka bekerja, sehingga pihaknya berinisiatif menggelar vaksinasi di lokasi pasar guna memudahkan para pedagang.

”Terbukti dengan diadakannya lokasi vaksin di pasar, para pedagang dan masyarakat sangat antusias. Dalam waktu satu jam, sudah tervaksin sebanyak 100 orang lebih,” kata Adriansyah.

Dengan capaian itu, jelas Adriansyah, sejak awal November hingga hari ini, total target vaksinasi yang sudah terealisasi sebanyak 12.000 orang dan sisa 13.500 akan terus digenjot hingga akhir tahun.

“Diharapkan pada pertengahan Desember 2021 target 25.500 orang tervaksin dapat terealisasi,” katanya.

Ia juga menyampaikan, kegiatan vaksinasi yang digelar BIN daerah Sulut merupakan program satu juta vaksin BIN dan sebagai bentuk komitmen BIN untuk mendukung vaksinasi bagi seluruh masyarakat di Indonesia agar terbentuk herd immunity mencegah penyebaran COVID-19.

“Untuk mencapai terbentuknya kekebalan komunal adalah 70% warga harus divaksin,” katanya.

Selain di pasar tradisional, BIN daerah Sulut juga terus memacu vaksinasi massal dengan mendatangi sekolah guna menyasar kalangan pelajar dan mendatangi rumah warga (door to door).

Masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir dengan vaksin, karena dengan vaksin, imun tubuh akan meningkat dan lebih siap dalam menghadapi potensi COVID-19.

(abinenobm)

Komentar