Kasus Varian Delta Tersebar di Indonesia, PPKM Mikro Diminta Diperketat

JurnalPatroliNews, Jakarta – Seiring makin melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta protokol kesehatan (prokes) agar disiplin diterapkan, selain mempercepat proses vaksinasi di tengah masyarakat.

“Penegakan disiplin protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi MNC Portal, Jumat (18/6/2021).
Selain itu, ia mengimbau peningkatan pembatasan di tempat perbelanjaan dan perkantoran. “Pembatasan jam buka mall atau bekerja maksimal 25% jadi bisa beberapa opsi menjadi pilihan pemda berdasarkan situasinya,” ujar alumni FK Universitas Indonesia.

Siti mengungkapkan, varian delta sudah tersebar di enam provinsi Indonesia. Total ada 107 kasus positif. Enam provinsi itu yakni Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

“Total udah ada 107 ya,” ucapnya.

Diketahui, kasus positif Covid-19 di Tanah Air kembali bertambah sebanyak 12.990 kasus Jumat 18 Juni 2021. Sehingga akumulasi positif Covid-19 lebih dari 1,9 juta kasus atau sebanyak 1.963.266 kasus.

(okz)

Komentar