Kondisi Terkini Tukul Arwana: Sudah Bisa Duduk dan Merespons Orang Lain

JurnalPatroliNews – Kondisi kesehatan komedian Tukul Arwana terus menunjukkan perkembangan yang baik. Kini, pelawak 58 tahun itu sudah bisa merespons orang lain dengan isyarat dan masih belum bisa berkomunikasi dengan lancar.

“Ya, untuk komunikasi masih belum lancar cuma masih bergumam, paling melakukan isyarat-isyarat ‘mas ini bagaimana?’ ‘oke (dengan isyarat tangan)’,” ujar Manajer Tukul, Rizki Kimon di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Minggu (17/10).

Rizki Kimon mengatakan, Tukul Arwana saat ini masih menjalani fisioterapi walau sudah pulang ke rumah. Fisioterapi itu terdiri dari gerakan dan bicara, serta dilakukan sebanyak tiga kali sehari. Hal itu dilakukan agar Tukul Arwana bisa segera sembuh dan pulih kembali.

“Untuk berkomunikasi bicara mungkin butuh proses dan masih terus diajak interaksi melalui fisioterapi wicara,” kata Rizki Kimon. 

Selain bisa memberikan isyarat untuk berkomunikasi dengan orang lain, ayah Ega Prayudi itu juga sudah dapat duduk dan berdiri walau masih dengan bantuan.

“Duduk sudah bisa, (kalau) berdiri masih tetap dibantu perawat,” kata Rizki Kimon.

Tukul Arwana sebelumnya dilarikan ke rumah sakit pada Rabu (22/9) sore dan menjalani operasi malam harinya. 

Berdasarkan keterangan dokter, Tukul Arwana mengalami hipertensi saat dibawa ke rumah sakit. Tukul Arwana pun harus menjalani operasi kemudian perawatan selama 24 hari di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON) Cawang, Jakarta Timur.

Terhitung sejak Sabtu (16/10), Tukul Arwana sudah diperbolehkan pulang ke rumah dan melakukan rawat jalan. (jpnn)

Komentar