Pembukaan PON XX, BNPB Terus Lakukan Penguatan Protokol Kesehatan

JurnalPatroliNews – KABUPATEN JAYAPURA – Pembukaan Pekan Olahraga Nasional dibuka hari ini (2/10) pukul 19.00 WIT di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pesta olahraga terbesar se-tanah air ini harus berlangsung dengan penuh disiplin protokol kesehatan.

Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) PON XX mengerahkan 50 relawan dari total 118 relawan di Kabupaten Jayapura untuk mengendalikan protokol kesehatan selama sebelum pembukaan berlangsung.

Sebanyak 20.000 masker dibagikan kepada para penonton yang datang untuk menyaksikan pembukaan pesta olahraga nasional tersebut. Meski gerai dan mobil masker tidak dapat beroperasi, relawan tetap diturunkan untuk membagikan masker dan memberikan sosialisasi protokol kesehatan langsung kepada warga.

“Hari ini kita tidak bisa mengoperasikan gerai masker, namun relawan tetap kita minta untuk membagikan masker langsung kepada warga agar protokol kesehatan tetap terjaga,” kata Prasinta Dewi, Ketua Satgas Prokes PON XX Papua yang juga ikut terjun langsung membagikan masker kepada para penonton.

Meski menjaga jarak masih sulit untuk diterapkan, mayoritas masyarakat sudah menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker. Para relawan juga tidak pernah lelah mengingatkan para penonton cara memakai masker yang baik dan benar.

Sebelumnya, saat berlangsungnya kirab api PON di Dermaga Toware, Subsatgas Prokes PON XX Kabupaten Jayapura juga menurunkan relawan dan satu mobil masker untuk mengendalikan penerapan protokol kesehatan di sekitar lokasi berlangsungnya kegiatan.

Penguatan protokol kesehatan ini akan terus dilangsungkan BNPB dan Satgas Prokes hingga penutupan PON XX di Bumi Cendrawasih ini berakhir pada 15 Oktober 2021 mendatang.

Komentar