Satgas Covid-19: Vaksin di Indonesia Masih Efektif Hadapi Varian Delta

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Sejumlah pihak mempertanyakan keampuhan vaksin Covid-19 menyusul masuknya varian baru Covid-19 yakni Varian Delta 1617.2 yang telah masuk ke Indonesia.

Terkait hal itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyebut, efektivitas vaksin menghadapi varian baru virus Covid-19 masih ada.

“Apakah vaksin yang ada di sini memiliki efektivitas masih tinggi atau tidak? Secara keseluruhan, sekarang ini masih memiliki. Karena efektivitas di atas 50 persen masih terpenuhi,” kata Wiku, dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/6).

Namun demikian, Wiku mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut harus selalu dilakukan.

“Dimonitor agar vaksin yang dipakai adalah vaksin yang efektif,” ujarnya.

Wiku menyebut, efektivitas vaksin terhadap varian baru sebenarnya menjadi pertanyaan oleh seluruh orang di dunia.

“Artinya semua akan melihat kondisi ini dan memastikan bahwa vaksinasi yang dilakukan benar-benar bisa memberikan proteksi kolektif atau herd immunity dari masyarakat yang divaksinasi,” katanya.

Menurut Wiku, munculnya varian baru virus tidak dapat dihindarkan. Pasalnya virus akan selalu melakukan mutasi untuk mempertahankan hidupnya.

“Pada prinsipnya setiap virus pasti akan mengalami mutasi karena dalam rangka untuk survival dia. Dan proses mutasi dia, bisa berlangsung terus-menerus apabila potensi untuk menular tersedia. Atau penularan tetap terjadi,” tandasnya

Komentar