Menuju Ekonomi Hijau, PSN Ini Bikin Jokowi Happy Banget, Butuh Anggaran Rp 40 T

Selain itu PLTA ini nantinya juga akan mengaliri listrik ke Kawasan Industri Hijau KIPI (Kalimantan Industrial Park Indonesia) di Bulungan, Kalimantan Utara. Sehingga nantinya bisa menghasilkan produk hijau dengan emisi karbon rendah.

“Produk yang memiliki harga premium tapi kompetitif, karena apa? karena energinya dari energi hijau di sungai Mentarang di Malinau,” tutur Jokowi.

Dengan produk yang dihasilkan nantinya seperti baterai mobil listrik dan kendaraan listrik, aluminium, hingga petrokimia. “Artinya apa listriknya siap, kawasan industrinya siap. kemarin saya cek ketika begitu disambung itu lah masa depan Indonesia,” katanya.

Selain itu Jokowi juga mengungkapkan untuk menyambungkan pembangkit listrik ini dengan kawasan industri hijau di Bulungan membutuhkan transmisi yang kurang lebih mencapai 300 an kilometer. Ini bukan pekerjaan mudah dan membutuhkan anggaran yang besar mencapai US$ 2,6 miliar.

“Kalau di-rupiahkan kira-kira Rp 40 triliun. Sebuah nilai yang sangat besar sekali,” kata Jokowi.

“Oleh sebab itu pemerintah sangat mendukung pekerjaan besar ini, rencana besar ini dan diharapkan transformasi ekonomi Indonesia menuju ekonomi hijau yang kita harapkan, kita punya kekuatan besar,” tambahnya.

Komentar