Namun, bandara ini gagal menciptakan pendapatan yang cukup karena belum ada penerbangan internasional reguler yang beroperasi.
Sejak rampungnya pembangunan, baik PRIA maupun GBIA terus menuai kontroversi. Komisi Investigasi Penyalahgunaan Wewenang (CIAA) Nepal telah meminta dokumen dari Kementerian Kebudayaan, Pariwisata, dan Penerbangan Sipil terkait kesepakatan antara Otoritas Penerbangan Sipil Nepal (CAAN) dan kontraktor Tiongkok, CAMC Engineering, dalam pembangunan PRIA.
Pemerintah Tiongkok juga menyuarakan kekhawatirannya atas penyelidikan tersebut, mencemaskan dampak terhadap proses pengambilalihan proyek oleh CAAN yang tertunda karena investigasi CIAA yang belum selesai.
Selain itu, pada 25 Agustus, CAAN mengumumkan penyesuaian jadwal penerbangan internasional musim dingin dari Bandara Internasional Tribhuvan (TIA) yang akan berlaku mulai 8 November hingga 29 Maret 2025. Penyesuaian ini dibuat untuk mengurangi kepadatan lalu lintas udara di TIA dengan memanfaatkan PRIA dan GBIA.
Komentar