Bukti Kerajaan Hindu Tua di Nusantara, Tim Ekpedisi Bali-Banten Bersatu, Napak Tilas Situs Prasasti Ciaruteun

JurnalpatroliNews – Bogor – Tim ekpedisi Bali-Banten Bersatu, yang dipimipin oleh Jro I Gde Budiasa pada sabtu (3/6/2023) berkesempatan melakukan Napak Tilas ke salah Situs Prasasti Ciaruteun, yang berlokasi di Kp, Muara Jaya Rt 01 Rw 05 Desa Ciaruteun ilir, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor

Situs prasasti Ciaruteun yang merupakan satu dari tujuh Situs Peninggalan Kerajaan Tarumanegara, Situs ini sudah ditetapkan menjadi kawasan Cagar Budaya yang dilindungi oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

Salah satu bukti peninggalan Kerajaan Tarumanegara adalah ditemukannya 7 (tujuh) Prasasti, diantaranya Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Tugu, Prasasti Cidanghiyang, Prasasti Ciaruteun, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Jambu dan Prasasti Pasir Awi.

Kerajaan Tarumanegara menurut Wikipedia adalah salah satu kerajaan Hindu tua di Indonesia. Kerajaan Tarumanegara pernah berkuasa di wilayah barat pulau Jawa pada abad ke-4 hingga abad ke-7 Masehi.

Dalam kesempatan napak tilas tersebut, Jro Kandel I Gde Budiasa, didampingi Kyai Edi Alhikmah (Banten ) dan Haji Tatang Kurniadi serta tim lainnya berkesempatan duduk bareng dengan Abah Tata, selaku Juru kunci dan bincang-bincang silaturahmi sekitar Prasasti Ciaruteun.

Dikatakan I Gde Budiasa, Kehadiran kami bersama tim, pada awalnya tidak sengaja menuju situs Prasasti Ciaruteun. Atas informasinya para tetua, di wilayah Bogor Haji Tatang Kurniadi ada situs Prasasti sebagai bukti peninggalan Kerajaan Tarumanegara atau salah satu Kerajaan Hindu tua di Nusantara, sampailah kami di tempat ini.

“Yah, kami sangat bersyukur, dapat berkunjung ke lokasi situs Ciaruteun, melihat langsung bukti-bukti sejarah peninggalan cikal bakal Hindu di Nusantara,”Kata I Gde Budiasa, Rabu (3/6/2023).

Komentar