IB.Lilik Sudirga Raka Ungkap FPK Wadah Menerima Kemajemukan Masyarakat Dalam NKRI

JurnalPatroliNews – Buleleng – Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Buleleng Ida Bagus Lilik Sudirga Raka, SE mengungkapkan, bahwa peran dan fungsi dari FPK adalah sebagai wadah silaturahmi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antar warga yang diarahkan untuk menumbuhkan, memelihara dan mengembangkan guna menerima kemajemukan masyarakat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ungkapan Ketua FPK Buleleng Ida Bagus Lilik Sudirga Raka itu dilakukan pada Rapat Koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng di Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Selasa (26/01).

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Buleleng Drs. Komang Sumertajaya berpesan, menggunakan FPK ini sebagai wadah komunikasi untuk memecahkan jika ada permasalahan dalam upaya membangun kerjasama dalam kehidupan masyarakat yang multikultur.

“Bangun sinergitas antar anggota FPK dalam melaksanakan program yang dicanangkan. Ciptakan iklim yang harmonis untuk terus menerima keberagaman,” ujarnya.

Karena itu, Komang Sumertajaya berharap, Pembauran Kebangsaan harus terus digelorakan dan diperjuangkan, menampung aspirasi dari masyarakat, sebagai bahan masukan dalam merancang program kedepan.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengembangan Nilai-Nilai Kebangsaan Kesbangpol, Ni Nyoman Widiartami, SH, MAP melaporkan, Rakor sehari diikuti seluruh anggota FPK bertujuan mengevaluasi kegiatan yang dilakukan Forum tahun 2020 lalu serta menyusun program kerja tahun 2021.

Rakor diwarnai diskusi yang cukup alot guna membahas isu-isu strategis yang berkembang di masyarakat.

Seperti dicontohkan, virus corona yang melanda dunia, termasuk Indonesia sangat memporakporandakan sektor perekonomian, termasuk segala aspek sisi kehidupan masyarakat, sehingga akan sangat mempengaruhi kegiatan maupun program yang dicanangkan oganisasi.

FPK yang anggotanya dari berbagai kalangan, etnis suku akan tetap memposisikan dirinya sebagai forum yang independent.

Dalam diskusi itu, FPK Buleleng berupaya untuk melakukan kegiatan sesuai situasi dan kondisi saat ini dengan tetap disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan.

(TiR).-

Komentar