Kemenpan RB, Ganjar Penghargaan Untuk Kinerja Kabupaten Bolmut

  • Whatsapp
Kemenpan RB saat memberikan penghargaan kepada Kabupaten Bolmut secara virtual

JurnalPatroliNews – Boroko,– Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi dari sekian Kabupaten di Indonesia yang mendapat penghargaan dari hasil evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2020 yang bertajuk SAKIP-RB award 2020.

Penyerahan hasil tersebut diberikan oleh pemerintah pusata melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) kepada Kabupaten Bolmut secara virtual, yang diterima langsung Sekretaris Daerah Asripan Nani, Kamis (21/4/2021).

Bacaan Lainnya

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo menyerahkan langsung hasil evaluasi secara simbolis kepada 66 pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota yang hadir secara langsung.

Sementara itu Plt Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB Agus Uji Hantara mengatakan dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo kerap menekankan birokrasi harus bekerja dengan memanfaatkan anggaran dengan efektif dan efisian, di tengah semakin banyaknya kebutuhan pembangunan.

“Dengan menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), instansi pemerintah diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran,” katanya.

Untuk mengukur pengelolaan anggaran negara yang berorientasi hasil, Agus menjelaskan Kementerian PANRB setiap tahunnya melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja. Melalui evaluasi tersebut, Kementerian PANRB menyusun profil instansi pemerintah berdasarkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran.

“Semakin tinggi nilai akuntabilitas kinerja, semakin tinggi pula efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran pada suatu Instansi Pemerintah,” jelasnya.

Selain melakukan evaluasi SAKIP, Kementerian PANRB juga melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi. Evaluasi dilakukan dengan melihat perbaikan tata kelola baik dari segi pengungkit maupun hasil.

Melalui evaluasi tersebut, Kementerian PANRB menyusun profil instansi Pemerintah berdasarkan tingkat perbaikan tata kelola instansi pemerintah melalui pelaksanaan reformasi birokrasi.

(Nofriandi Van Gobel)

Pos terkait