Ngeri! Hantu Tambang Yang Dicolek Gibran Masih Berkeliaran!

JurnalPatroliNews – Solo – Kegiatan pertambangan ilegal di wilayah Jawa Tengah dikabarkan masih ada. Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen Minerba) Kementerian ESDM, Ridwan Djamaludiin. Ridwan dalam Konfrensi Pers pada Selasa (31/1/2023) menyebutkan bahwa, pada saat adanya laporan kegiatan tambang ilegal yang dibekingi oleh sosok mengerikan, sesuai yang dikatakan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka itu, pihak Kementerian ESDM langsung melakukan tindakan lanjutan. “Begitu ada informasi oleh Wali Kota Solo, kami tim lapangan sudah langsung bergerak. Kegiatan masih ada, pemerintah juga bergerak karena negara ini lebih besar untuk tindakan itu,” terang Ridwan. Yang terang, kata Ridwan, ketika berita ini ramai, sesuai dengan arahan Menteri ESDM Arifin Tasrif, pihaknya langsung melakukan penugasan pengecekan ke wilayah tersebut. “Pada saat dicek, memang tidak ada aktivitas di lapangan. Kami melakukan upaya untuk penegakan hukum dengan Polda Jateng,” ungkap Ridwan.

Mengacu catatan Ditjen Minerba Kementerian ESDM, terdapat setidaknya 96 lokasi Pertambangan Tanpa Izin (PETI) batu bara di wilayah tersebut dengan estimasi mencapai 3 juta pekerja. “Yang terbanyak memang kegiatan batuan non logam,” tandas Sunindyo, Direktur Teknik dan Lingkungan Kementerian ESDM, Dikutip Rabu (1/2/2023).

Sebelumnya, bekingan tambang ilegal ini sempat menghebohkan jagat maya, karena cuitan Wali Kota Solo yakni Gibran Rakabuming Raka yang mengatakan bahwa ada bekingan ngeri di tambang ilegal.
Hal tersebut disambut langsung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang langsung menggerebek tambang ilegal tersebut. Namun, belum sampai digrebek, tambang ilegal yang salah satunya berlokasi di Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah langsung ditutup.

Komentar