Jika Takut Hilirisasi, Jokowi Sebut: Jangan Mikir RI Jadi Negara Maju

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak tidak berharap Indonesia jadi negara apabila persoalan ini tidak bisa diselesaikan. Adalah hilirisasi sumber daya alam (SDA). “Jangan mikir jadi negara maju kalau kita takut meghilirisasikan bahan mentah,” ungkap Jokowi dalam Mandiri Investment Forum 2023 di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (1/2/2023).

Indonesia sudah memulai pada komoditas nikel. Jokowi menceritakan besarnya keuntungan yang diterima negara karena SDA nikel tidak dijual murah lagi. Meskipun banyak penolakan dari dunia internasional. Selanjutnya adalah bauksit. Jokowi meminta jajarannya tidak ragu untuk memulai kebijakan serupa seperti nikel. “Bauksit kenapa harus kita setop. Contoh, Indonesia ekspor bahan mentah bauksit nomor 3 di dunia. Mentahan yang kita ekspor. Tapi olahannya kiat nomor 33,” papar Jokowi.

Penolakan, kata Jokowi pasti akan datang seperti halnya nikel. Hanya saja, dirinya meminta semua pihak tidak gentar, apalagi ingin melihat Indonesia berada di tataran negara maju dunia. “Waktu nikel digugat tahun lalu. Kalau digugat siapkan lawyer. Tapi kalah, tapi terus hilirisasi, tinggal banding,” ujar Jokowi. “Kalah ya tetep terus, barang sudah jadi, jangan mundur. Jangan berharap kita jadi negara maju kalau mundur,” pungkasnya.

Komentar