Pangdam XVII/Cenderawasih Tutup TMMD ke-110 Kodim Boven Digoel

Jurnalpatrolinews – Boven Digoel : Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. menutup secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-110 Tahun 2021 di Distrik Kawagit, Kabupaten Boven Digoel, Papua, Rabu (31/03/2021).

Pangdam XVII/Cenderawasih dalam sambutannya mengatakan bahwa Presiden Republik Indonesia telah menetapkan visi Pemerintah yaitu Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong dengan misi yang digelar Nawacita II. Dalam upaya mewujudkan visi dan misi pembangunan nasional tersebut, TNI berkewajiban untuk mendukung tercapainya sasaran strategis dan prioritas nasional sesuai dengan fungsinya.

Selain itu, TNI juga berkewajiban untuk menjaga stabilitas keamanan nasional dalam rangka menjamin pembangunan nasional salah satunya program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI dalam bidang teritorial tahun 2021 diantaranya adalah TMMD yang bertemakan “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”.

Selanjutnya Pangdam menjelaskan bahwa Panglima TNI telah menyampaikan untuk memperkuat kerjasama lintas sektoral sebagai upaya untuk mengendalikan pandemi, selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan, kreativitas dan pemanfaatan teknologi sederhana menjadi kunci agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19. Menyikapi hal tersebut, sesuai kebijakan pimpinan dengan bekerja sama lintas sektoral yang intens dan tetap memperhatikan protokol kesehatan, program TNI Manunggal Membangun Desa ke-110 tetap dilaksanakan.

Tepat pada hari ini, tanggal 31 Maret 2021, kegiatan TMMD  ke-110 Kodim 1702/Jayawijaya dan Kodim 1711/Boven Digoel telah diselesaikan dengan baik. Adapun sasaran fisik berupa pembangunan 8 unit rumah layak huni, 1 unit barak masyarakat dan 2 unit rumah tipe 36 serta sasaran non fisik seperti penyuluhan bela negara, hukum dan Kamtibmas, bahaya stunting pada anak, peran posbindu, wawasan kebangsaan, pendidikan, pertanian/Hanpangan, keagamaan, bahaya terorisme, penyuluhan tentang TNI, kesehatan, peternakan dan penyuluhan posyandu.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam XVII/Cendrawasih mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Boven digoel yang telah mendukung anggaran kegiatan TMMD ke-110.

Pangdam juga menyampaikan terima kasih kepada Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan dan kerjasamanya termasuk juga kepada seluruh personel yang tergabung dalam Satgas TMMD ke-110.

Turut hadir pada acara tersebut diantaranya Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, Ketua Persit KCK PD XVII/Cenderawasih Ny. Natalia Yogo Triyono, Ketua Persit KCK Koorcab Korem 174/ATW, Asintel Kasdam XVII/Cen Kolonel Inf Ardian Triwasana, Aster Kasdam XVII/Cen Kolonel Inf Teddy Arifiyanto, Kabintaldam XVII/Cen Letkol Arh Andre Wira Kurniawan, Kasiter Korem 174/ATW Letkol Inf Ganiahardi dan Pabandyaops Sopsdam XVII/Cen Mayor Inf Johnny Nofriady.

(***/. dd)

Komentar