Pantauan Jurnalpatrolinews Keberadaan Monumen Dharma Yudha Mandala

JurnalPatroliNewsBuleleng – Sebagai warga masyarakat di Singaraja “north Bali” menGucap rasa syukur bisa mengenali lebih dekat, terkait keberadaan Monumen Perjuangan Bangsa di Kabupaten Buleleng, Bali.

Seperti halnya keberadaan Monumen Dharma Yudha Mandala sebagai wujud perjuangan rakyat Bondalem di Kecamatan Tejakula. Bahkan, saya pribadi bersyukur mengenai lebih dekat dengan Bupati Buleleng Hartawan Mataram asal Desa Bondalem, ketika pertama kali saya pribadi jadi tenaga kerja honorer di RRI sto.Singaraja sebagai reporter elektronik, sejak tahun 1970.

Di era kepemimpinan Hartawan Mataram sebagai Bupati Buleleng dengan penuh semangat membangun pemerintahan dan pembangunan di seluruh desa dengan program “Jali-jali” (jalan – listrik – air).

Termasuk juga membangun berdirinya Tugu Singa Bersayap di simpang tiga jalan Ngurah Rai – jalan Veteran – jalan Pahlawan. Tugu sebagai Monumen Singa Bersayap – Singa Ambara Raja – (SAR) – resmi keberadaannya sebagai lambang Buleleng Tahun 1975.

Terkait Perjuangan Rakyat Bondalem:
Saya pribadi simak dari Kantor Dinas Sosial Kabupaten Buleleng di jalan Veteran Singaraja, Senin (13/09).

Kadis Sosial Kabupaten Buleleng I Putu Kariaman Putra, S.Sos, MM dwakili oleh Ida Ayu Ketut Suryatini yang Kasi Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial.

Sementara ketika mencari informasi langsung terkait Monumen Dharma Yudha Mandala diterima langsung oleh Drs.EC.Gede Ngurah Sadu Adnyana (Perbekel Desa Bondalem) Nyoman Sudiartha, Spd. ( Kelian Desa Adat Bondalem), I Putu Tirta Adnyana (Tokoh masyarakat Bondalem) dan Gede Wiada (Petajuh Desa Adat, Mantan P2M Desa Bondalem).

Sejarah Singkat Monumen & Perjuangan Rakyat Bondalem
@ Monumen Dharma Yudha Mandala dibangun pada tanggal 30 April 1992 untuk mengenang jasa – jasa Pahlawan yang gugur pada saat perang perjuangan rakyat melawan tentara Nica Belanda.

Seperti diketahui, bahwa lokasi terletak di wilayah kecamatan Tejakula, 30 Km di sebelah timur Kota Singaraja. Pertempuran terjadi antara dua kekuatan yang tak seimbang. Kalah dalam persenjataan dan pengalaman bertempur. Hanya berbekal tekad dan semangat untuk mempertahankan Kemerdekaan yang telah berada di tangan. Rakyat Bondalem berani menghadapi tentara Belanda.

Dampaknya? 30 Pahlawan yang Gugur dalam pertempuran di Desa Bondalem antara lain:

1. I Gede Kompyang Batan – Bondalem
2. I Wayan Tjinggak – Bondalem
3. I Wayan Gina – Bondalem
4. Tantera A Mandala – Bondalem
5. I Njoman Sukera – Bondalem
6. Suati Alit Mandala – Bondalem
7. I Ketutu Sangging – Bondalem
8. Medal Alit Mandala – Bondalem
9. I Wayan Wisna – Bondalem
10. I Made Pasek – Bondalem
11. Samba Alit Mandala – Bondalem
12. I Made Gelgel Dauh – Bondalem
13. Nala Alit Mandala – Bondalem
14. I Ketut Lunga – Bondalem
15. I Njoman Tulamben – Bondalrm
16. I Njoman Bidji – Bondalem
17. I Gede Putu Kadjeng – Bondalem
18. Suara Alit Mandala- Bondalem
19. Oka Alit Mandala – Bondalem
20. I Njoman angetis Mustana – Bondalaem
21. I Gede Tangkas – Bondalem
22. I Gede Derana – Bondalem
23. I Ketut Rai Rempi – Bondalem
24. Tantera Wira Alit Mandala – Bondalem
25. I Made Putu Garim – Bondalem
26. I Ketut Rimpen – Madenan
27. I Nengah Nagi – Penuktukan
28. Meranggi – Bangkah
29. I Gde Putu – Bondalem
30. I Made Artjana – Sulanyah

Dinsos Buleleng berharap nantinya agar masyarakat Buleleng bisa menanamkan nilai – nilai kepahlawanan, sehingga nantinya bisa menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Astungkara.

(*/TiR).-

Komentar