Anies Tepis Kabar Lokasi Sirkuit Formula E Ditentukan Jokowi

  • Whatsapp
Anies Tepis Kabar Lokasi Sirkuit Formula E Ditentukan Jokowi

JurnalPatroliNews – Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan lokasi Formula E tidak akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies mengatakan penentuan sirkuit ajang mobil listrik bukan urusan Presiden.

“Masa lokasi (yang menentukan) Presiden? Ya nggaklah. Lokasi kok, masa urusan lokasi kok Presiden,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/11/2021).

BACA JUGA :

Soal pernyataan penentuan venue oleh Jokowi ini awalnya disampaikan oleh Co-Founder Formula E Alberto Longo dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet). Eks Mendikbud itu menegaskan yang berwenang menentukan lokasi Formula E adalah Ikatan Motor Indonesia (IMI), Formula E Operation (FEO), dan JakPro selaku penyelenggara Formula E.

Anies menyampaikan akan ada klarifikasi dari pihak IMI terkait hal ini.

“Nanti diklarifikasi. Nanti ada statement resminya. Yang nentukan itu ya FEO, IMI, JakPro, tiga itu. Iyalah, masa lokasi (ditentukan Jokowi),” tegasnya.

Sebelumnya, Co-Founder Formula E Alberto Longo mengatakan venue balap mobil listrik di Jakarta akan diumumkan sebelum Natal. Presiden Jokowi disebutkan akan menentukan venue Formula E Jakarta.

“Jadi kita akan melakukan semacam feasibility study untuk di lima lokasi ini terlebih dahulu sebelum nanti diumumkan sebelum Natal dan mudah-mudahan sebelum Natal sudah ada keputusannya. Kita akan melanjutkan proposal kepada Presiden Republik Indonesia dan beliaulah yang akan mengambil keputusan,” ujar Alberto dalam jumpa pers, Rabu (24/11).

Alberto juga mengatakan saat ini lima calon venue balap Formula E Jakarta masih tahap uji kelayakan. Lima calon sirkuit itu adalah wilayah Sudirman, PIK, kawasan dekat Stadion JIS, JIExpo Kemayoran, dan Ancol.

“Ada banyak sekali lokasi yang bagus. Terlalu banyak opsi yang baik. Ada lima lokasi yang berbeda beda yang tapi bukan yang terlarang, yang tadi Bapak Bambang Soesatyo sebutkan,” katanya.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuturkan lima calon venue balap itu akan diajukan ke Presiden Jokowi.

“Jadi ada lima yang kita ajukan ke Presiden. Kira-kira mana yang beliau sarankan, plus-minus dari wilayah-wilayah,” ujar Bamsoet dalam jumpa pers.

Pos terkait