Bocoran Kapan Kegiatan Ekonomi Dibuka Bertahap : September!

JurnalPatroliNewsJakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan jajaran menterinya untuk melakukan berbagai cara untuk menekan angka kasus Covid-19. Jika tidak ada aral melintang, maka kegiatan ekonomi bisa kembali dilakukan secara betahap.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada awal pekan ini. Luhut mengatakan, jika pengetatan kegiatan masyarakat berjalan lancar maka perlahan aktivitas sejumlah sektor pun bisa dibuka normal.

“Kami diperintahkan untuk melakukan langkah-langkah ini dengan sebaik-baiknya dan sedetail-detailnya, agar September bisa dilakukan pembukaan secara bertahap,” kata Luhut, seperti dikutip Rabu (4/8/2021).

Pemerintah untuk kedua kalinya memperpanjang pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus mendatang guna menekan laju penyebaran Covid-19.

Luhut mengatakan pembukaan kembali aktivitas ekonomi akan tetap bergantung pada pencapaian vaksinasi, implementasi testing, tracing, dan treatment, dan disiplin protokol kesehatan.

“Pembukaan aktivitas ekonomi itu akan sangat bergantung pada pencapaian vaksinasi serta implementasi dari 3T dan 3M,” jelasnya.

Gubernur DKI Jakarta Aneis Baswedan beberapa waktu lalu telah angkat bicara perihal tahapan pembukaan kegiatan masyarakat. Vaksinasi, menjadi salah satu faktor yang menentukan.

“Dengan melihat kenyataan bahwa di Jakarta kecepatan pemberian vaksin cukup tinggi dan jangkauan yang sudah tervaksin sudah sampai 7,5 juta, maka kami memutuskan vaksin menjadi bagian dari tahapan kegiatan masyarakat,” kata Anies akhir pekan lalu.

Anies mengemukakan apabila sejumlah sektor usaha sudah mulai mendapatkan vaksinasi, maka mereka diperbolehkan untuk kembali membuka kegiatan usahanya secara normal.

“Jadi misalnya tukang cukur mau buka, boleh. Tapi tukang cukur yang vaksin dulu, dan yang mau cukur harus sudah vaksin. Warung restoran mau buka boleh, tapi karyawannya vaksin dulu,” katanya.

“Yang mau makan di restoran juga harus divaksin. Kantor non esensial mau buka, boleh tapi mereka yang bekerja sudah vaksin dulu,” jelasnya.

Komentar