Buka Konas FK-PKB PGI, Gubernur Sulawesi Utara Serukan Semangat Persatuan

JurnalPatroliNews – Manado – Ketua Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (FK-PKB-PGI) Olly Dondokambey berkesempatan membuka Konsultasi Nasional (Konas) ke-XIV FK-PKB-PGI di Pearaja Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (2/11/2021).

“Konas adalah momentum memperkuat peran kaum bapak PGI, sekaligus menyelaraskan langkah kedepan, termasuk menyikapi dinamika yang terjadi,” kata Olly Dondokambey.

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) ini mengapresiasi komitmen semua peserta yang tetap semangat, meskipun sebagian besar mengikuti lewat sambungan virtual.

“Pandemi Covid-19 membuat berbagai aspek berubah. Kehidupan dipaksa memasuki era baru, dengan kebiasaan-kebiasaan baru pula. Kita pun dituntut menyesuaikan dengan cepat. Sebagai kaum bapak, mesti siap menghadapi perubahan-perubahan ini. Peran kita harus selalu nampak, utamanya sebagai imam anggota keluarga ke dalam kehidupan dengan cinta kasih seperti yang sudah Yesus teladani,” ajak Olly.

Dikatakan, dalam mengimplementasikan program responsif dan adaptif dari pria kaum bapak, persatuan menjadi pondasi utama.

“Seperti pepatah tanah Batak ingkon sada do songon dai ni aek unang mardua songon dai nik tuak. Artinya, setiap orang harus mempunyai rasa persatuan tinggi, meskipun hidup dalam berbagai perbedaan pandangan dengan orang lain,” terang Olly.

Ia mengajak peserta Konas bersatu menjalankan visi-misi PKB PGI dan kompak memberi dukungan terhadap pembangunan bangsa.

“Kita dari daerah berbeda, pendidikan juga berbeda, namun harus bersatu,” tegasnya.

Peserta Konas juga diajak bersinergi dalam upaya pembangunan bangsa.

Olly menuturkan, kini perekonomian di daerah-daerah Indonesia semakin membaik. Ini, lanjut Olly, adalah buah persatuan. Olly mencontohkan provinsi yang ia pimpin, Sulut. Pada triwulan II Tahun 2021, ekonomi Sulut 8,49% Dari biasanya 4%.

“Persatuan merupakan harga mati. Tidak bisa ditawar-tawar,” katanya.

Olly berterima kasih kepada Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, selaku Ketua Panitia Konas serta tim yang sudah bekerja keras.

“Apresiasi setinggi-tingginya untuk pengurus Sinode HKBP yang telah menjadi tuan rumah. Semoga kegiatan ini melahirkan semangat si tou timou tu mou tou, yang artinya semangat saling memanusiakan sesama manusia,” harap Olly.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, bangga bisa dipercayakan sebagai tuan rumah Konas.

“Suatu kehormatan bagi kami. Kiranya Konas FK-PKB PGI menjadi tempat berbagi dan refleksi iman kaum bapak,” ujar Nikson Nababan.

Bersama Olly, turut hadir Ketua Sinode GMIM Pdt Hein Arina, Bupati Minahasa Royke Roring , Wali Kota Bitung Maurits Mantiri serta Bupati Sangihe Jabes Gaghana.

Konas turut menghadirkan pembicara Menkumham RI Yasonna Laoly dan Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI lewat daring.

Sementara Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar dan Ketua PGI Pdt Gomar Gultom hadir dalam forum.

(***/Alfrits Semen)

Komentar