Demo Tolak Otsus Jilid 2, Mahasiswa Uncen Ditangkap Aparat Keamanan

Demo Tolak Otsus Jilid 2.

JurnalPatroliNews Jakarta –  Aksi demontrasi damai yang dilakukan mahasiswa Universitas Cenderwasih (Uncen), Abepura, Jayapura,  Papua di depan kampus dan gapura kampus Waena terkait penolakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua Jilid 2, dibubarkan paksa oleh aparat gabungan Polri/TNI, Rabu (14/7/2021) pagi.

Sejumlah mahasiswa ditangkap oleh aparat saat itu juga dan langsung dibawa ke Polresta Jayapura.

Bacaan Lainnya

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uncen Yops Itlay membenarkan bahwa memang ada akai demo di lingkungan kampus oleh beberapa mahasiswa Uncen.

“Ada enam mahasiswa ditangkap di Kampus Uncen Waena dan kami tidak tahu mereka dibawa ke pos mana,” kata Yops, sembari menambahkan kalau penangkapan juga terjadi  di Gapura Uncen Abepura.

“Hanya saja saya belum pastikan ada berapa mahasiswa yang tertangkap aparat keamanan. Kami sekarang menuju kesana (pos aparat) untuk pastikan berapa yang ditangkap,”ucapnya.

Dari aksi demo damai yang dilakukan pukul 08.40 Wit itu, lima mahasiswa yang ditangkap, yakni Venus Kabak, Manu Iyaba, Kristian Kobak, Melky Asso, dan Yairus Yando. Kesemuanya diangkut aparat menggunakan mobil Dalmas Polisi.

Pos terkait