Diizinkan Buka Lagi Besok, Mal Terapkan Sistem 100% Tanpa Sentuh, Cegah Sebaran COVID-19.

 10 dibaca,  1 dibaca hari ini

JurnalPatroliNews-Jakarta – Mal di DKI Jakarta diizinkan buka lagi Senin (15/6) besok. Beroperasinya mal akan menerapkan protokol kesehatan Corona (COVID-19) yang ketat. Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan telah melakukan berbagai persiapan untuk mensukseskan protokol kesehatan COVID-19. Bahkan sejumlah mal sudah mempersiapkan alat canggih tanpa sentuh atau touchless untuk menekan penyebaran virus.

“Sebagian mal memang menyempurnakan peralatan dengan touchless. Tujuannya untuk meningkatkan terhindarnya bersentuhan dan agar pengunjung lebih yakin dan berani ke mal,” kata Ellen kepada rekan media, Minggu (14/6/2020).

Misalnya di Emporium Pluit Mal yang menjalankan program 100% touchless yaitu wastafel cuci tangan, sabun cuci tangan dan hand sanitizer disiapkan otomatis tanpa sentuh. Begitu juga dengan tombol lift yang menggunakan sensor sehingga pengunjung tidak perlu menyentuhnya.

Emporium Pluit Mal juga telah menggunakan sistem parkir tanpa sentuh baik untuk masuk hingga melakukan pembayaran parkir. Ruang isolasi lengkap dengan Alat pelindung Diri (APD) dan peralatan standar P3K COVID-19 juga disediakan, bekerja sama dengan Fasilitas Layanan Kesehatan terdekat.

Bahkan untuk menunjang program yang digagas oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendorong warga menggunakan sepeda dalam kegiatan sehari-hari, Emporium Pluit Mal menyediakan parkir sepeda serta ruang mandi pengendara sepeda.

Mal juga telah menyiapkan physical distancing seperti pemberian tanda dan pembatasan di dalam lift, jarak untuk menaiki eskalator, juga pembatasan antrean customer. Penggunaan masker, face shield dan sarung tangan juga wajib digunakan semua petugas di dalam Mal.

Penggunaan thermal scan terkomputerisasi, penggunaan pindai barcode untuk check in dan check out kedatangan pengunjung untuk memantau kapasitas pengunjung di dalam mal secara real time, himbauan penggunaan cashless payment di semua tenant, dan juga pembatasan kapasitas pengunjung di food court serta area di dalam unit tenant.

Ellen meminta masyarakat tidak perlu khawatir berkunjung ke Mal, asalkan menaati semua aturan dan petunjuk yang ada di dalam mal untuk kebaikan dan kesehatan bersama.(/lk/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *