Donasi Untuk Korban Banjir Kalimantan Tengah, KMHDI Buleleng Buka Lapak Di Pasar Anyar dan Pasar Banyuasri

JurnalPatroliNews Buleleng – PC KMHDI Buleleng di Era Pandemi Covid-19 melaksanakan aksi sosial penggalangan dana untuk korban banjir di Kalimantan Tengah. Kegiatan sosial kemanusiaan yang berlangsung pada hari Jumat- Sabtu (24&25/09) dilakukan serentak oleh KMHDI se-Bali.

Koordinator Aksi Sosial PC KMHDI Buleleng Komang Putrayasa menjelaskan, bahwa selama ini banyak masyarakat yang menyumbangkan pakaian bekas tapi layak pakai untuk korban bencana. Namun, tidak pernah sampai di tempat bencana, karena biaya kirim yang cukup tinggi, terutama di daerah luar Bali.

“Hingga tercetuslah ide untuk menjual pakaian preloved tersebut, dan uang hasil penjualannya akan disalurkan kepada para korban,” ujar Komang kepada Jurnalpatrolinews di Singaraja, Sabtu sore.

Komang Putrayasa sepintas menyimak harga pakaian dijual dengan kisaran lima ribu sampai sepuluh ribu rupiah. Promosi juga dilakukan secara online dengan memanfaatkan akun media sosial resmi PC KMHDI Buleleng dan akun media sosial seluruh kader PC KMHDI Buleleng.

“Di luar ekspetasi, banyak pembeli yang memborong pakaian tersebut,” jelasnya.

Sementars Ni Luh Sinta Yani selaku Ketua PC KMHDI Buleleng mengungkapkan, kegiatan buka lapak preloved untuk donasi korban bencana menjadi terobosan baru dalam penggalian dana. Sebelumnya, aksi penggalangan dana hanya dilakukan dengan turun di jalan membawa kotak donasi dan melalui transfer ke rekening.

Selain itu, aksi sosial ini sangat didukung penuh oleh Perumda Pasar Argha Nayottama, sehingga tidak dikenakan biaya retribusi untuk berjualan.

“Ini bentuk nyata pengimplementasian jati diri KMHDI, yakni humanis dan progresif,” ujar Sinta.

Harapannya? Dana yang sudah terkumpulkan dapat bermanfaat bagi korban bencana banjir, serta penyalurannya bisa tepat sasaran.

(*/TiR).-

Komentar