Gunakan Barang Dalam Negeri, Jokowi Puji Kinerja Menteri PUPR, Layak Juara 1

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji keberhasilan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dalam penggunaan barang dalam negeri. Salah satunya terkait dengan aspal.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam Pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

“Dulu kita ingat yang urusan aspal saja, 80% kita impor coba. Kita punya Buton, saya datang ke Buton. Saya perintah langsung ke Pak Menteri PUPR, apa gak bisa seperti ini. Kita bikin jalan deposit aspal kita di Buton gede banget malah kita impor,” cerita Jokowi.Tak lama berselang, perintah Jokowi langsung dilaksanakan oleh Basuki.

Untuk itu, penobatan Kementerian PUPR sebagai yang terbaik dalam penggunaan produk dalam negeri sudah tepat.

“Jadi kalau Pak Menteri PUPR juara bener udah bener. Begitu saya perintah pak produksi Buton kita beli dari e-catalog gini lho. Ini sudah betul penilainya betul juara 1 betul,” terangnya.

Jokowi ingin seluruh instansi pusat maupun daerah dapat meniru langkah Kementerian PUPR. Hal ini ke depannya juga akan berpengaruh terhadap pemberian tunjangan kinerja (tukin) dan sanksi.

“Kalau masih beli baik BUMN BUMD Kabupaten, Kota dan Provinsi dan KL masih coba coba beli produk impor dari uang APBN APBD BUMN ya sudah sanksinya tolong dirumuskan pak menko, biar semua kita bekerja dengan reward dan punishment,” papar Jokowi.

Komentar