Hari Osteoporosis Nasional Dihadiri Ribuan Orang

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Ribuan orang turut meramaikan senam bersama dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Nasional di Plaza Utara Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (23/10).

Turut hadir pada kegiatan itu, antara lain Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Ketua Umum KORMI Hayono Isman dan Ketua Umum Perwatusi Anita A Hutagalung beserta jajarannya.

Menkes Budi Gunadi mengajak masyarakat untuk terus bergerak dan berolahraga agar terus sehat dan bugar. “Kita harus rajin berolahraga dan memakan makanan sehat lima sempurna, termasuk vitamin khususnya vitamin D agar tulang tidak keropos saat lanjut usia (lansia) dan mengalami osteoporosis.

Rajin berolahraga dan beraktivitas di luar ruangan terutama di bawah pukul sembilan pagi agar mendapat sinar matahari,” kata Menkes Budi Gunadi di sela kegiatan.

Peringatan Hari Osteoporosis Nasional tahun ini mengambil tema “Indonesia Bergerak Kuatkan Tulang Produktif Kini dan Nanti.” Tema ini diambil untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia mencegah osteoporosis. “Melalui peringatan tahun ini, diharapkan masyarakat turut serta menurunkan angka osteoporosis dengan membiasakan olahraga, diet untuk kesehatan tulang, dan menghindari gaya hidup tidak sehat,” ujar Ketua Umum Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi), Anita Hutagalung.

Dia menjelaskan, di Indonesia osteoporosis sudah dalam tingkat yang patut diwaspadai, yaitu mencapai 19,7 persen dari populasi jumlah penduduk, dimana 1 dari 3 wanita dan 1 dari 5 pria di Indonesia terserang osteoporosis atau keretakan tulang. “Osteoporosis kini menjadi salah satu penyakit yang membutuhkan perhatian serius, karena osteoporosis dapat mengakibatkan patah tulang, cacat tubuh, bahkan dapat menimbulkan komplikasi hingga kematian,” kata Anita Hutagalung.

Komentar