Ilmuwan Sepakat : Varian Delta Menyebar 225 Persen Lebih Cepat Dibandingkan Virus Awal

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Setelah berbulan-bulan pengumpulan data, para ilmuwan sepakat bahwa varian delta adalah versi virus corona Covid-19 yang paling menular di seluruh dunia. Varian ini menyebar sekitar 225 persen lebih cepat dari versi awal virus, dan saat ini mendominasi wabah di Amerika Serikat.

Sebuah studi baru, yang diterbitkan online Rabu, 7 Juli 2021, menjelaskan alasannya. Varian tersebut ditemukan tumbuh lebih cepat di dalam saluran pernapasan manusia dan ke tingkat yang jauh lebih tinggi, para peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Provinsi Guangdong melaporkan.

Secara rata-rata, orang yang terinfeksi varian delta memiliki sekitar 1.000 kali lebih banyak salinan virus di saluran pernapasan mereka daripada mereka yang terinfeksi dengan jenis asli atau awal dari virus corona tersebut, studi tersebut melaporkan.

Selain itu, setelah seseorang terkena varian delta, orang tersebut kemungkinan akan lebih cepat menularkan penyakitnya. Rata-rata, butuh sekitar empat hari untuk varian delta untuk mencapai tingkat yang dapat dideteksi di dalam diri seseorang, dibandingkan dengan enam hari untuk varian virus corona asli.

Dalam studi tersebut, para ilmuwan menganalisis pasien Covid-19 yang terlibat dalam wabah pertama varian delta di daratan Cina, yang terjadi antara 21 Mei dan 18 Juni di Guangzhou, ibu kota provinsi Guangdong. Para peneliti mengukur tingkat virus pada 62 orang yang terlibat dalam wabah itu dan membandingkannya dengan tingkat pada 63 pasien yang terinfeksi pada tahun 2020 dengan versi awal virus.

Temuan mereka menunjukkan bahwa orang yang telah tertular varian delta kemungkinan menyebarkan virus lebih awal dalam perjalanan infeksi mereka.

Dan para ilmuwan menggarisbawahi pentingnya karantina segera selama 14 hari setelah melakukan kontak dengan seseorang yang didiagnosis dengan Covid-19, seperti yang direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Atau bahkan lebih baik, mendapatkan vaksinasi lengkap. Data awal menunjukkan bahwa di beberapa negara bagian AS, 99,5 persen kematian akibat Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir adalah di antara orang-orang yang tidak divaksinasi, direktur CDC, Dr. Rochelle Walensky, mengatakan Kamis di Gedung Putih.

“Kami tahu bahwa varian delta saat ini melonjak di kantong negara dengan tingkat vaksinasi yang rendah,” kata Walensky. “Kami juga tahu bahwa vaksin resmi kami mencegah penyakit parah, rawat inap, dan kematian akibat varian delta.”

(*/lk)

Komentar