Kepala Geologi Kementerian ESDM Umumkan Potensi Erupsi Gunung Awu Sulawesi Utara Berada di Level 2

JurnalPatroliNews – Jakarta – Status Gunung Awu di Kabupaten Sangihe, Sulut mengalami peningkatan ke level 2 waspada yang ditetapkan oleh Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eko Budi Lelono, berdasarkan data pengamatan visual dan instrumental.

“Mempertimbangkan hasil pemantauan terkini dan analisis potensi bahayanya maka pada hari ini Minggu, (12/12/2021) pukul 12.00 WITA tingkat aktivitas Gunung Awu dinaikkan dari level 1 normal menjadi level 2 waspada,” sebut Eko dalam keterangan resmi yang dibacakan Sekretaris Badan Geologi ESDM, Ediar Usman, Minggu (12/12).

Bacaan Lainnya

Sejak bulan Oktober lalu, pihaknya sudah mengamati aktivitas vulkanik Gunung Awu yang ditandai meningkatnya gempa vulkanik yang menunjukkan terjadinya peningkatan tekanan magma dalam tubuh gunung api. Namun, menurut Eko, aktivitas visual Gunung Awu belum mengalami perubahan drastis.

Eko menyebut potensi bahaya dari erupsi Gunung Awu diantaranya, lontaran dan aliran lava pijar, emisi gas beracun di sekitar kawah, dan potensi banjir lahar jika hujan turun. Ia menyarankan agar masyarakat tidak beraktivitas di radius 1 kilometer dari kawah puncak Gunung Awu.

Masyarakat Sangihe juga dimintai Eko agar tetap tenang dengan tidak terpancing kabar mengenai Gunung Awu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Pos terkait