Kunker Erick Thohir di Tasikmalaya: Cek Lab Fiber Optik SMK dan Kunjungi SLB Aisyiyah Kawalu.

JurnalPatroliNewsJakarta – Menteri BUMN Erick Thohir mengecek laboratorium fiber optik yang ada di SMK Terpadu Al Ikhwan di Setianagara, Kecamatan Cibeureum, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Laboratorium ini adalah fasilitas praktik di sekolah tersebut yang didukung oleh PT Telkom dan Telkom Akses.

Fasilitas laboratorium fiber optik ini sudah lengkap dan sesuai standar sertifikasi Teknik Instalasi Fiber Optik (TIFO). Sehingga, lab ini dapat go live dengan koneksi jaringan telepon.

ā€œAdanya laboratorium fiber optic menjadi sangat penting bagi kita semua untuk mempersiapkan sumber daya manusia masa depan yang terdidik dan siap membangun bangsa melalui penguasaan teknologi,” kata Erick dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, 13 Juni 2021.

Menurut Erick, hal ini sejalan dengan program Kementerian BUMN untuk meningkatkan indeks kesiapan industri 4.0 hingga 30 persen. Adapun hingga saat terdapat 156 SMK di seluruh Indonesia dengan 11.232 siswa yang menjadi bagian dari implementasi program kelas industri Telkom tersebut.

Selanjutnya, Erick bertemu ibu-ibu nasabah PT Pemodalan Nasional Madani Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Ini merupakan layanan permodalan berbasis kelompok bagi para perempuan prasejahtera.

Selanjutnya, Erick mengunjungi UMKM Bunga Tanjung Embroidery yang juga dibina Telkom. Di dalamnya, bergabung para pengrajin bordir khas Tasikmalaya yang sudah mampu Go Global.

Terakhir, Erick mengunjungi SLB (Sekolah Luar Biasa) Aisyiyah Kawalu. Sekolah ini dapat bantuan teknologi dari Telkom untuk mendukung program pendidikan bagi disabilitas.

Di antaranya bantuan berupa lima perangkat Tablet berisi Aplikasi I-Chat untuk penyandang tuna rungu dan tuna wicara. Lalu, lima laptop dengan aplikasi JAWS (Job Access With Speech) berfungsi sebagai pembaca layar untuk tuna netra.

Dengan kunjungan ini, Erick Thohir berharap perhatian terhadap pelajar dan kaum perempuan makin meningkat.

“Saya berharap hal yang sejalan dengan prioritas peningkatan nilai ekonomi dan dampak sosial ini menularkan BUMN lainnya,” kata dia.

(*/lk)

Komentar