Lulusan SMA Bisa Ikut CPNS Usai Daftar Sekolah Kedinasan

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Pendaftaran sekolah kedinasan telah dimulai pada 9 April 2021. Setelah itu, pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) untuk seleki CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPT) juga akan dibuka pada Mei nanti.

Seleksi CASN 2021 memberikan ruang bagi lulusan SMA/sederajat untuk menjadi abdi negara melalui jalur sekolah kedinasan maupun dengan mengikuti seleksi CPNS dan PPPK.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Teguh Widjinarko menyampaikan, lulusan SMA tetap bisa ikut berpartisipasi dalam perekrutan CASN 2021. Sebab, sejumlah instansi juga membuka posisi CPNS dan PPPK untuk lulusan SMA.

“Sekolah kedinasan membutuhkan lulusan sekolah dengan ijazah SMA/sederajat. Sedangkan untuk CPNS dan PPPK memang terdapat formasi untuk lulusan SMA namun sangat terbatas,” kata Teguh, Sabtu (24/4).

Total formasi pada perekrutan CASN tahun ini mencapai 1.275.387. Dari jumlah tersebut, sebanyak 83.669 formasi ditujukan untuk pemerintah pusat dan 1.191.718 untuk pemerintah daerah. Jumlah ini termasuk guru PPPK sebanyak 1.002.616 serta PPPK non guru dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 119.094 formasi.

Setelah masa pendaftaran, proses seleksi CPNS dan PPPK akan berlangsung Juli hingga Oktober 2021. Sementara pengumumannya akan disampaikan pada November.

(askara)

Komentar