Munas X IKWI 2023 Berjalan Lancar

JurnalPatroliNews – JAKARTA – Musyawarah Nasional X Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (Munas X IKWI) 2023 yang berlangsung 27-29 Oktober 2023, berjalan lancar dan sukses.

Perhelatan akbar ini diikuti oleh lebih dari 100 orang dari 22 Pengurus IKWI Provinsi di Indonesia, yang menjadi Peserta dan Peninjau Munas.

Acara Munas X IKWI 2023 yang berlangsung di Jakarta, dibuka secara oleh Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Dr. Ir. Giwo Rubianto Wiyogo, M.Pd. Hadir dalam Munas X IKWI 2023 ini antara lain Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Hendry CH.

Bangun sebagai Pembina IKWI, Sekjen PWI Sayid Iskandar beserta sejumlah pengurus PWI Pusat lainnya, Penasehat Kehormatan IKWI Periode 2019-2023, Hj. Sri Harmoko, Pengurus Kowani lainnya dan tamu dari sejumlah daerah.

Dalam sambutannya Giwo menuturkan bahwa menjadi anggota IKWI perlu berbangga. “Semua perempuan di sini perlu bangga karena tidak mudah menjadi anggota IKWI. Banyak organisasi di Kemendagri ataupun Kementerian Hukum dan HAM, tapi tidak ada kejelasan. Sementara IKWI sudah terlegitimasi sejak 1961. Saat ini tercatat 103 organisasi wanita dalam Kowani,” kata Giwo di Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Menurut dia, kebanggaan menjadi anggota IKWI bukan hanya sebagai keluarga wartawan corong pendidikan dan perubahan untuk perempuan naik kelas, tapi juga sebagai anggota organisasi Kowani.

Giwo berpesan agar keluarga besar IKWI bisa membangun suasana aman, damai dan solid, terutama di tahun politik dan menghadapi pesta demokrasi.

“Berilah kesejukan dalam masyarakat terutama dalam keluarga, masyarakat dan lingkungan kita. Bangun kebersamaan dalam satu visi-misi,” ujarnya. Menurutnya, dengan begitu IKWI bisa menjadi contoh bagi organisasi lain.

Laporan Pertanggungjawaban Diterima

Sementara itu dalam Sidang Pleno, seluruh provinsi yang hadir dalam Munas X IKWI 2023 secara resmi menerima Laporan Pertanggungjawaban Pengurus IKWI periode 2019-2023 yang diketuai oleh Indah Kirana.

Selanjutnya organisasi IKWI secara resmi dipimpin oleh Dr. Andi Dasmawati, Ph.D, untuk periode 2023-2028, yang juga merupakan istri Ketua Umum PWI Hendry CH Bangun.

“Sesuai PD-PRT bahwa Ketua Umum IKWI adalah istri Ketua Umum PWI, maka masa kepemimpinan IKWI juga mengikuti masa kepemimpinan PWI,” kata Indah Kirana yang juga istri Ketua Umum PWI periode 2018-2023 Atal S. Depari, di Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Hendry CH. Bangun

Menurut Indah, selama kurang lebih 4 tahun di masa kepemimpinannya, PP IKWI cukup banyak melakukan berbagai berbagai kegiatan, diantaranya tentang Tata Kelola Organisasi dengan tujuan agar sumber daya manusia (SDM) IKWI sebagai pengurus baik di pusat maupun di daerah dapat mengelola organisasi sesuai dengan tupoksinya dan bertanggung jawab penuh, guna membesarkan organisasi IKWI.

“Kami berupaya untuk tetap solid, menjaga silaturahmi ke seluruh anggota IKWI tanpa kecuali, menambah wawasan dengan mengadakan seminar, diskusi, peduli sosial dan lainnya,” kata Indah.

Komentar