OJK Luncurkan Situs IDebku, BI Checking Sudah Ganti, Sekarang Bisa Cek Lewat Aplikasi

JurnalPatroliNews – Jakarta,-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan situs idebku yakni idebku.ojk.go.id.

IDebku adalah sebuah platform untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kemudahan akses terhadap informasi debitur secara terpadu dan terintegrasi antara Kantor Pusat dan Kantor Regional/Kantor OJK (KR/KOJK) di dalam satu wadah.

Situs itu bisa digunakan masyarakat dan perusahaan jasa keuangan untuk mengecek catatan kredit debitur kapan saja menggunakan smartphone, komputer, serta tablet.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Dian Ediana Rae mengatakan bahwa Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) merupakan sistem informasi yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK. Tujuannnya untuk mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan.

SLIK menyimpan informasi debitur atau biasa juga disebut “iDeb” yang berisi riwayat kelancaran kredit dan/atau pembiayaan seorang debitur.

iDeb merupakan salah satu informasi yang penting dalam proses pemberian kredit atau pembiayaan. Data dari iDeb tersebut, dapat digunakan oleh lembaga jasa keuangan bank maupun nonbank dalam mengambil keputusan pada proses pemberian kredit atau pembiayaan kepada debitur.

Komentar