Peran Baru Pemuda Ekonomi Syariah (PES) di Tengah Keterpurukan Ekonomi Covid-19

  • Whatsapp
Foto: Tangkapan layar webinar dan deklarasi Pemuda Ekonomi Syariah (PES) secara daring via Zoom Meeting

JurnalPatroliNews, Surabaya – Pemuda Ekonomi Syariah atau PES menggelar acara webinar deklarasi pada hari Juma’at, 23 Juli 2021 melalui via Zoom Meeting. Salah satu rangkaian acaranya, Deklarasi Pemuda Ekonomi Syariah ialah webinar dengan tema “Peran Baru Pemuda Ekonomi Syariah di Tengah Keterpurukan Ekonomi Covid-19”.

Kegiatan ini diikuti open lebih dari 50 orang yang terdiri dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga dewasa dari seluruh Indonesia yang ikut serta dalam Gerakan Pemuda Ekonomi Syariah.

BACA JUGA :

Adapun narasumber dalam webinar ini adalah Valiant Mahdi Syihaby Nur Hasyim (Founder Pemuda Ekonomi Syariah) dan Nurendra Bagas Prakoso (Dewan Pembina Pemuda Ekonomi Syariah dan Ketua Umum Hipka Surabaya).

Latar belakang gerakan pemuda ekonomi syariah adalah berawal dari keresahan para inisiator pendiri pemuda ekonomi syariah akibat kondisi pandemi Covid-19 serta menjawab tantangan “bagaimana kita sehat tetapi kantong tetap sehat” dengan tetap mengedepankan semangat value ekonomi.

“Pemuda diharapkan sebagai agent of change dan agent of iron. Sehingga diharapkan dapat mengembalikan recovery pertumbuhan ekonomi indonesia dan menjadi tokoh penggerak ekonomi yang ideal,” ujar Valiant Mahdi. Jumat, (23/7/2021).

“Pemuda Ekonomi Syariah (PES) perlu mengambil segmentasi dan karakter yang berbeda yaitu, perbedaan terletak pada nilai yang perlu dibawa pada masa pandemi ini adalah nilai sociopreneur. Karena memiliki daya impact yang besar dan jangkauan yang luas di masa pandemi,” papar Nurendra Bagas.

Pada sesi penutupan acara, diharapkan adanya Pemuda Ekonomi syariah bersama-sama mencari formulasi untuk menyelesaikan masalah ekonomi syariah di masa kini dan pemuda dapat menghasilkan outcome yang bermanfaat bagi masyarakat.

Acara ini ditutup dengan pembacaan Ikrar Pemuda Ekonomi Syariah yang dipimpin oleh Founder, dan Dewan Pembina Pemuda Ekonomi Syariah, serta diikuti oleh para kader asabiqul awalun Pemuda Ekonomi Syariah.

Perlu diketahui, webinar ini dipandu oleh Mochamad Shamsul Arif (Kader Pemuda Ekonomi Syariah/PES) selaku moderator acara.

(ari)

Pos terkait