Peringati HPN 2022, Jokowi Dorong Regulasi Persaingan Pers yang Sehat

Selain Konvensi Media, HPN 2022 juga ditaburi oleh berbagai kegiatan lain yang bersifat apresiasi dari pers untuk pers, maupun dari pers untuk tokoh/bidang lain. Misalnya Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Anugerah Kebudayaan untuk Bupati Wali Kota pemaju kebudayaan, pemberian Press Card Number One (PCNO), klinik penulisan, penerbitan buku-buku karya wartawan (puisi, cerpen, jurnalistik). Juga berbagai seminar untuk mencari terobosan dan inovasi dibidang pertambangan, energi, pariwisata, moneter, hingga forum investasi bersama para duta besar negara sahabat. 
Beragamnya kegiatan HPN, menyadarkan kita bahwa pers sebagai pilar keempat demokrasi, bertugas mengawal berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Ada yang istimewa pada Hari Pers Nasional kali ini. Ada 9  Gubernur dari berbagai provinsi yang hadir di  Kendari ini untuk bersama-sama menandatangani komitmen rehabilitasi mangrove di Tanah Air. 

“Kita tahu Indonesia memiliki 3,36 juta hektar hutan manggove yang merupakan 20 persen dari luas hutan mangrove dunia. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan 20 persen atau 637 ribu hektar hutan mangrove kita dalam keadaan kritis akibat alih fungsi hutan mangrove menjadi  tambak ilegal, perkebunan, dan permukiman,” terang Atal.

Menurut Atal, rehabilititasi mangrove ini penting karena hutan mangrove memilki kemampuan untuk menyimpan cadangan karbon 4 sampai 5 kali lebih besar dibanding hutan daratan. 

“Tentu saja kita semua perlu mendukung upaya rehabilitasi mangrove ini karena manyangkut nasib bumi yang  kita tempati.  Mudah mudahan upaya kita ini bisa  menjadi inspirasi untuk pertemuan G-20 November mendatang. Sebagai penutup, sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kehadiran Presiden RI Bapak Joko Widodo, beserta semua hadirin. Secara khusus terima kasih kepada Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Suratkabar (SPS),  Asosiasi Televisi Seluruh Indonesia (ATVSI),  Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Nasional Indonesia (PRSSNI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Pewarta Foto Indonesia, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan  Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI). Terimakasih  kepada mitra HPN, serta berbagai kementerian dan lembaga, Panitia HPN Pusat dan daerah yang telah bekerja berbulan-bulan hingga suksesnya acara ini. Teristimewa untuk Gubernur dan Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara,  bersama jajarannya, yang telah menjadi tuan rumah dengan baik, dan menerima semua tamu dengan ramah. Terakhir kami ucapkan terima kasih kapada para tamu yang hadir melalui zoom. Kami banyak menerima konfirmasi dari berbagai kalangan baik pejabat maupun sejawat yang memilih hadir virtual,” beber Atal.(*)

Komentar