Produksi Hoax,Ternyata Aktual TV Milik Arief Tak Terdaftar di Dewan Pers

Arief ditangkap oleh jajaran Polres Metro Jakarta Pusat di daerah Jawa Timur pada Agustus 2021 lalu. Kasus ini bermula saat polisi melakukan patroli siber di dunia maya dan menemukan konten provokatif di akun YouTube tersebut.

Dari pemeriksaan diketahui ada 765 video di akun itu selama 8 bulan terakhir. Mayoritas konten di video akun Aktual TV memuat isu provokatif, berbau SARA dan disebut bisa menganggu sinergitas TNI-Polri.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi mengatakan selain Arief, ada dua pelaku lainnya yang ditetapkan tersangka dari kasus tersebut. Kedua tersangka itu M dan AF yang berperan membantu mengelola akun hingga pengisi suara di konten provokatif tersebut.

Hengki menambahkan, meski dari pemeriksaan sementara pelaku menyebut motif tindakannya murni kepentingan ekonomi, pihaknya masih mengusut pihak-pihak lain yang diduga terlibat dalam perkara tersebut.

“Kami jelaskan ini apakah ada motivasi lain sedang kami selidiki karena ni modus baru yang memprihatinkan. Yang jelas diakui mereka tidak benar,” terang Hengki.

Komentar