Ratusan Karyawan Indosat Kena PHK Kedua Kali Dalam 2 Tahun Terakhir

“Kalaupun terjadi pengurangan karyawan, tentu hak-hak karyawan harus dipenuhi bahkan kalau bisa diberikan insentif agar karyawan yang di PHK legowo. Tapi, dari struktur manajemen, selain pemangkasan karyawan, yang utama harus dipangkas adalah jumlah komisaris yang terlalu tambun. Setidaknya imbang antara dewan direksi dan dewan komisaris,” tuturnya.

Ia melihat jajaran petinggi Indosat Ooredoo Hutchison ini didominasi oleh kalangan ‘sepuh’ dan menurut Heru itu perlu dirombak kepada generasi muda berkualitas untuk masuk jajaran manajemen.

Sebagai informasi, Indosat Ooredoo Hutchison diisi 15 dewan komisaris, lima dewan direksi, dan delapan CxO. Bagi operator seluler, jumlah jajaran dewan komisaris tersebut terbilang ‘gemuk’. Di sisi lain, kompensasi Indosat untuk karyawan yang terimbas terhitung tinggi, rata-rata pesangonnya mencapai Rp 1 miliar.

Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia – ITB, Ian Josef Matheus Edward juga melihat perampingan yang diambil oleh operator seluler ini dampak merger, di mana ada penggabungan jumlah SDM dari masing-masing perusahaan.

“Karena pasti ada peleburan dari organisasi. Supaya efisiensi dan efektif, maka penempatan SDM harus sesuai,” ucapnya.

Meski jajaran teratas perusahaan tersebut tidak bisa langsung dipangkas. Namun kata Ian, perampingan di sebuah perusahaan merupakan keniscayaan.

“Untuk perampingan memang tidak bisa langsung terutama posisi atas. Perampingan keniscayaan, pasti dilakukan, sambil membentuk organisasi yang baru,” ungkap Ian.

Kendati begitu, Ian mengatakan, adanya dampak yang positif bagi Indosat Ooredoo Hutchison setelah dilakukan PHK karyawan.

“Efisiensi pembangunan dan operasional. Serta membuat strategi untuk meningkatkan nilai perusahaan lebih mudah dan terencana,” pungkas dia.

Komentar