Ratusan Karyawan Indosat Kena PHK Kedua Kali Dalam 2 Tahun Terakhir

JurnalPatroliNews – Jakarta – Indosat Ooredoo Hutchison melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan untuk kedua kalinya dalam dua tahun terakhir. Menurut pengamat telekomunikasi, PHK tersebut kemungkinan karena dampak merger operator seluler.

Adapun Indosat Ooredoo Hutchison ini merupakan perusahaan hasil merger antara Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia yang berlaku efektif mulai 4 Januari 2022. Selain pemangkasan terhadap 300 karyawan yang dilakukan Indosat per Jumat (23/9) kemarin, operator seluler ini sebelumnya melakukan pemutusan terhadap 677 karyawannya pada Februari 2020.

“Ya, memang secara natural, perusahaan yang merger akan kelebihan karyawan dan ada duplikasi SDM untuk bidang yang sama. Sehingga, mau tidak mau akan ada pengurangan karyawan,” ujar Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi, Senin (26/9/2022).

“Namun, duplikasi kan tidak berarti semua bagian kemudian dikurangi, sebab bisa jadi karena pengguna dan jaringan secara perusahaan gabungan bertambah, maka semua SDM tetap bisa dipertahankan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Heru, mana yang akan dikurangi itu menjadi strategi dari manajemen, apakah SDM akan menjadi aset atau manajemen. Hal itu yang menjadi pertimbangan dupilkasi dan efisiensi yang akan membuat manajemen berhitung langkah terbaik dilakukannya.

Komentar